Cuaca Membaik, Jalur Pendakian Arjuno-Welirang Akhirnya Dibuka

354

Gunung Arjuna-WelirangPrigen (wartabromo) – Setelah sempat ditutup selama sebulan akibat cuaca buruk, UPT Taman Hutan Raya (TAHURA) Malang akhirnya memutuskan untuk membuka jalur pendakian gunung Arjuno, Ringgit dan gunung Welirang terhitung mulai Minggu (15/2/2015) hari ini.

Dibukanya kembali wisata pendakian ini berdasarkan pengamatan perkembangan cuaca dipuncak ketiga gunung selama sepekan terakhir oleh petugas Tahura.

“Kita sudah mengamati perkembangan cuaca maupun informasi dari penambang bahwa cuaca di atas sudah mulai membaik, ” tutur Agus Budi Utomo, penanggung jawab pendakian dari UPT Tahura saat ditemui di kantor Tahura Pandaan Pasuruan.

Menurut Agus, disamping berdasar pengamatan, dan laporan kondisi dari penambang belirang, data dari BMKG yang menyebutkan, adanya penurunan intensitas hujan disertai angin kencang dan badai dikawasan puncak gunung turut menjadi pertimbangan dibukanya wisata pendakian ini.

“Meski hari ini dinyatakan resmi kembali dibuka untuk wisata pendakian, namun menurut agus, pihaknya sewaktu-waktu akan kembali menutup apabila terjadi cuaca buruk maupun kedaruratan di puncak gunung, “jelas Agus. Gunung arjuno gunung ringgit dan gunung welirang merupakan pegunungan yang memiliki ketinggian 3.339 mdpl dan berada diantara kota Batu, kabupaten Malang, kabupaten Pasuruan dan kabupaten Mojokerto.

Untuk diketahui, jumlah pendaki kawasan Arjuna-welirang pertahunnya mencapai 15.000 hingga 16.000 pengunjung.

Sementara pantauan cuaca saat ini diketiga gunung masih sering terlihat turun hujan dan diseluti kabut tebal. (ryn/yog)