Kebakaran Hutan Arjuna Mencapai 85 Hektar Lahan

892

image

Prigen (wartabromo) – Bencana kebakaran yang terjadi di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Raden Soeryo meliputi gunung Arjuna, Ringgit dan gunung Welirang hingga bulan Agustus ini tercatat mencapai luasan 85 hektar lahan.

Menurut koordinator pengamanan Hutan Tahura, Iwan Hawiyanto, kebakaran terjadi dalam tiga tahap, tahap pertama pada tanggal 17-18 juli di lembah kijang dengan luas lahan 55 ha, tahap kedua pada tanggal 26-27 juli di Lumbangrejo. Api menghanguskan 10 hektar lahan sedangkan tahap ketiga pada tanggal 28-29 juli dikawasan Katiarjo dengan jumlah lahan 20 ha.

“Jadi kebakaran tidak berlangsung menerus melainkan bertahap” ungkap Iwan.

Taman hutan raya gunung Arjuno, Ringgit dan gunung Welirang disamping ditumbuhi tanaman cemara gunung juga diakui masih banyak hewan Rusa yang  hidup bebas dipegunungan tersebut.

Baca Juga :   Masyaallah! Tiga Santriwati Dicabuli Pengasuh Ponpesnya

Dikatakan pula bahwa penyebab kebakaran yang terjadi pada tiap tahunya di kawasan tersebut diduga ulah dari para pemburu liar.

Banyaknya jalur dikawasan tahura menyulitkan petugas untuk mengungkap dan menangkap para pelaku pembakaran.

“Sering kali kita melapor kepolisian dengan tindakan pemburu liar ini, tapi gak pernah ada tindak lanjut mas” pungkas Iwan. (egy/yog)