Jatuhnya Keramik Dinding Karena Efek Pembangunan Gedung Utama

589

Kraksaan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, membantah jatuhnya keramik dinding gedung sekretariat, karena kesalahan konstruksi. Jatuhnya keramik dinding menimpa mobil PNS, karena getaran alat berat yang beroperasi dalam pembangunan gedung utama.

“Jatuhnya keramik itu bukan karena kesalahan konstruksi. Tapi disebabkan getaran yang ditimbulkan oleh penggunaan alat berat yang dipakai untuk membangun gedung utama,” tangkis Kabag Kominfo Pemkab setempat Yulius Christian kepada wartabromo.com, Rabu (23/9/2015).

Disampaikan, setelah dikoordinasikan ke Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya, gedung sayap Barat dan sayap Timur yang dibangun PT IDEE Murni Pratama sejak 20 April 2012 hingga akhir 2013, sesuai desain. Pembangunan gedung dengan dana Rp 45,3 miliar, baru diserahkan oleh kontraktor ke pemkab pada Juli lalu. Artinya, selama 18 bulan pemeliharaannya ditanggung kontraktor.

Baca Juga :   Istri dan Ibu Korban Laka Krampyangan, Yekti : Anakku..

Selanjutnya, akhir 2014 Pemkab Problinggo membangun gedung utama dengan anggaran Rp 84 miliar’ Lokasinya di antara dua gedung sayap Barat dan sayap Timur dengan menggunakan alat berat, seperti untuk menanam tiang pancang.

“Getaran tidak berpengaruh pada konstruksi gedung. Mungkin untuk interior atau eksterior yang kecil-kecil ada pengaruhnya,” imbuh Pejabat Pengelola Informasi Daerah (PPID) Pemkab Probolinggo ini.

Sebelumnya pada Kamis sore (17/9/2015), empat keramik dinding gedung sisi timur rontok, menimpa mobil Suzuki Swift milik Umi Nur Azizah, pegawai Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo. Akibatnya, mobil mengalami kerusakan dan kaca pintu mobil sampai pecah.

Saat itu, mobil pribadinya diparkir di tempat parkir gedung pemkab sisi timur. Namun naas, empat keramik dinding warna hitam itu tiba-tiba ngelupas dan menimpa mobil nopol N 1403 RK tersebut. Beruntungnya, tidak sampai ada korban luka akibat kejadian tersebut. (saw/hrj)

Baca Juga :   Polling: 45% Warga Kota Probolinggo Terima Uang dan Sembako dari Kandidat