Pesona Batu Akik Mulai Redup

323
Sejumlah anak SD mengerubungi salah satu stand penjualan batu akik di Pasar Purwosari. Anak-anak ini tidak sedang memilih batu untuk dibeli, tapi hanya tertarik melihat-lihat aneka batu yang jual pedagang. WARTABROMO/Ipung.

Purwosari – (wartabromo)  –  Pesona batu akik mulai meredup. Setidaknya itu terlihat dari penjualan batu akik di Pasar Purwosari, Kabupaten Pasuruan.

Jika biasanya, stand-stand penjual batu akik dikerubungi pembeli. Saat ini mulai sepi. Bahkan di sebuah stand yang terpantau, dikerubungi anak-anak SD yang hanya tertarik untuk melihat-lihat.

Afid (29), seorang pedagang akik yang membuka stand di salah satu sudut trotoar Pasar Purwosari, mengaku omset penjualannya mulai menurun hingga 40 persen.

“Mulai sepi pembeli. Kalau anak-anak ini cuman lihat-lihat saja,” kata Afid, Selasa (29/9/2015).

Pedagang akik lainnya, Heri, juga mengamini Afid. Sejak sebulan terakhir, penjualan akik mulai merosot. Pesona batu akik mulai meredup kehilangan daya tarik.

“Mungkin mulai bosan orang-orang,” kata dia.

Meski pesonanya mulai menurun, Afid dan Heri sangat yakin pamor batu akik akan kembali moncer. Mereka yakin, dua tahun lagi, akik akan kembali digandrungi.

Pemandangan serupa juga tampak di sejumlah stand batu akik lain di Pasar Purwosari yang sepi pembeli. (ipg/fyd)