Raih Maslahat Award, Siapkan 17.000 Bibit untuk Hutan Arjuno (Habis)

824

17 ribu bibit organik 2Prigen (wartabromo) – Keberhasilan Nur Hidayat dan kelompoknya dalam budidaya sayuran dan tanaman organik mendapat apresiasi berbagai pihak. Pemerintah Kabupaten Pasuruan memberikan penghargaan Maslahat Award kategori Pengembangan Tanaman Organik Sayur dan Buah.

Maslahat Award diberikan kepada Nur Hidayat secara pribadi karena berhasil mengembangkan sistem pertanian organik serta menjadi pioner dan menginspirasi banyak orang. Hidayat pun mendedikasikan penghargaan tersebut kapada para petani organik terutama yang ada di Kelompok Tani Sumber Makmur dan keluarganya yang selama bertahun-tahun memberikan dukungan.

“Saya berterima kasih pada pemerintah daerah atas apresiasi tersebut. Ini (penghargaan) buat teman-teman petani dan terutama untuk kakak saya, M Dardiri yang terus mendukung saya,” katanya.

Baca Juga :   Divonis 8 Tahun Penjara Cabuli Bocah, AKP Zainal 'Melawan'

Sebagai wujud dukungan, pemerintah daerah juga memberikan sebuah traktor dan rencananya akan memberikan bantuan berupa green house untuk semua anggota Kelompok Tani Sumber Makmur.

Modal Nekat, Nur Hidayat, Sukses Bertani Organik (1)

Sukses di Sayuran, Hidayat Kembangkan Tanaman Perkebunan Organik (2)

“Untuk pembangunan green house akan dilakukan secara bertahap. Seperti itu yang dikatakan pada kami,” ujar Hidayat.

hidayatBahkan sebuah perusahaan minuman terkenal di Pandaan juga menjalin kerjasama dengan Kelompok Tani Sumber Makmur untuk mereboisasi hutan lindung di kawasan Perhutani. Sebanyak 17.000 bibit dipesan untuk program agroforesti di lereng Gunung Arjuno.

“Saat ini kami siapkan 17.000 bibit durian, nangka dan cengkeh untuk program agroforesti bersama Perhutani dan PT Cocacola untuk reboisasi lahan di hutan lindung di ketinggian 850 – 1000 mdpl,” terang Hidayat.

Baca Juga :   Keduluan Tergaruk, 4 Anjal Urung Pesta Miras di Alun-alun Kraksaan

Apresiasai dari berbagai pihak membuat Hidayat dan anggota kelompok tani tersebut semakin percaya diri menularkan metode pertanian organik para masyarakat. Kelompok tani ini ingin menjadi pioner dalam kampanye hidup organik.

“Kita ingin mengkampayekan hidup organik pada masyarakat. Hal itu bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti mulai menanam sayuran organik sendiri di pekarangan rumah, mengolah pupuk-pupuk organik sendiri yang ramah lingkungan. Kami selama ini selain dijual juga dikonsumsi sendiri,” pungkasnya.

Hidayat mengatakan Kelompok Tani Sumber Makmur siap membantu jika ada yang ingin memulai budidaya tanaman organik. Mereka dengan senang hati akan membagikan pengalaman dan ilmu. (*fyd)