Kawanan Hiu Paus Tinggalkan Pasuruan

841

hiu paus lekokPasuruan (wartabromo) – Kawanan hiu paus atau yang biasa disebut hiu tutul sudah tidak tampak di Perairan Pasuruan. Kawanan ikan besar penjelajah samudra ini datang ke Pasuruan bulan lalu untuk mendekati sumber makanan.

“Senin kemarin saat saya patroli cuma terlihat seekor. Kelihatannya semua sudah pergi,” kata petugas Satpol Air Pasuruan, Bripka Wanto, Kamis (15/10/2015).

Wanto mengatakan cuaca di Perairan Pasuruan saat ini sedang tidak baik, sehingga kawanan hiu tersebut “mungkin sudah tidak nyaman,” imbuh Wanto.

Kawanan hiu tutul terlihat di Perairan Pasuruan, sejak Awal bulan lalu. Ikan besar pemakan plankton tersebut datang ke perairan dangkal dan hangat untuk mencari sumber makanan.

Baca Juga :   Hari Ini Batas Akhir Pengiriman Lomba Foto Wonderful Pasuruan

Kawanan hiu tutul sering datang ke Perairan Pasuruan. Biasanya mereka mulai tampak pada bulan Agustus-September.

Para nelayan juga sudah terbiasa melihat kawanan ikan raksana tersebut melintasi perahu-perahu mereka atau si mulut besar menganga menyaring ikan-ikan kecil dan plakton Kadang, nelayan terjun ke laut untuk bermain dengan ikan jinak tersebut.

Perairan Pasuruan memang kaya dengan plankton yang otomatis juga menjadi habitat ikan. Selain di Pasuruan, kawanan ikan penjelajah samudra ini biasa muncul di Perairan Bentar, Probolinggo, yang juga memiliki sumber makanan melimpah.

Kehadiran hewan yang mampu hidup hingga 70 tahun ini sering menarik perhatian khalayak. Biasanya setelah tahu ada kawanan hiu datang, banyak penyewa perahu yang ingin melihat dari dekat. (fyd/fyd)