Soal Buta Huruf, Pasuruan Raih Penghargaan Aksara Pratama

2675

oenghargaan aksaraJakarta (wartabromo) – Upaya percepatan pemberantasan buta aksara di Kabupaten Pasuruan, mendapat apresiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Mendibud Anies Baswedan menyerahkan penghargaan Anugerah Aksara Pratama Tingkat Nasional kepada Bupati Pasuruan HM. Irsyad Yusuf, SE. MMA. Sebagai apresiasi atas percepatan tuna aksara di Kabupaten Pasuruan.

Dua tahun terakhir ini, Pemkab Pasuruan memang sangat aktif menjalankan beragam program yang dinilai bisa efektif mengurangi angka buta aksara di daerahnya. Kepedulian program Keaksaraan Fungsional (KF) ini ditunjukkan banyak kalangan. Pemerintah Kabupaten Pasuruan sendiri melalui dinas pendidikan, TP PKK, juga ormas-ormas yang ada di wilayahnya.

“Setiap tahun kita akan memberikan anggaran khusus untuk perang melawan buta aksara, dan tentu saja dukungan anggaran tidak akan ada artinya kalau tidak didukung dengan komitmen tinggi dari semua yang terlibat dalam pengentasan buta aksara. Maka dari itu, saya menghimbau agar semuanya benar-benar membulatkan tekad untuk memberantas buta aksara,” kata Bupati Pasuruan HM. Irsyad Yusuf.

Baca Juga :   Ini Dia Pemenang Kuis “Jika Aku Bupati”, Kamukah Salah Satunya?

Bupati juga menyampaikan rasa syukurnya, sekaligus berterima kasih atas partisipasi aktif banyak kalangan, sehingga kerja keras penuntasan tuna aksara itu akhirnya diapresiasi oleh pemerintah pusat.

Menurutnya, anugerah Aksara Pratama yang diserahkan bersamaan dengan peringatan Hari Aksara Internasional Ke-50 tahun 2015, menjadi salah satu motivasi untuk terus mengupayakan perwujudan melek aksara seluruh masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Bahkan di tahun-tahun mendatang Kabupaten Pasuruan berusaha mencapai kategori Aksara Madya Tingkat Nasional dengan bersama-sama mewujudkan Keaksaraan Usaha  Mandiri (KUM).

“Semoga dalam waktu dekat program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) bisa diwujudkan di Kabupaten Pasuruan. Sehingga target utamanya nanti bisa berkembang. Tidak hanya menuntaskan buta aksara, tapi juga pengentasan kemiskinan melalui program kewirausahaan berbasis Life Skill Education, menuju warga masyarakat yang tangguh dan mandiri,” harap Bupati.

Baca Juga :   10 Kendaraan Terlibat Kecelakaan di Purwodadi, 2 Orang Dilaporkan Tewas

Selain penghargaan tersebut, terkait program penuntasan buta aksara Kabupaten Pasuruan juga mendapatkan penghargaan Juara 1  tingkat nasional dalam Lomba Keberaksaraan peserta didik pendidikan keaksaraan dalam rangka Hari Aksara Internasional ke-50 tahun 2015. (eml/yog)