BLH Turun Buktikan Temuan Pembuangan Limbah Tersembunyi

880
pencemaran sungai wangi4
Eko Wahyudi, Pemuda Desa Baujeng yang menelusuri Sungai Wangi menunjukkan perbedaan warna. Di depannya menunjukkan aliran sungai yang jernih dan dibelakangnya warna air nampak putih karena limbah yang dibuang dari saluran tersembunyi. Foto : Warta Bromo/Istimewa

Pasuruan (wartabromo) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pasuruan, merespon temuan pemuda Desa Baujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan atas keberadaan saluran atau pipa tersembunyi pembuangan limbah pabrik ke Sungai Wangi.

“Saat ini juga, staf kami turun ke lapangan untuk menelusuri dan membuktikan keberadaan saluran pembuangan tersembunyi itu,” kata Kepala BLH Kabupaten Pasuruan, Kamis (29/10/2015).

Saat didesak, penelusuran keberadaan saluran pembungan limbah tersembunyi itu, akan dilakukan pembongkaran. Muhaimin menyampaikan masih belum diperlukan pembongkaran, karena ada mekanisme yang harus dilalui.

“Tidak harus membongkarnya. Kalau untuk mengetahui sumber limbah yang dibuang, ada tehnik untuk menelusurinya, hingga diketahui pabrik yang nakal itu. selain itu untuk membongkarnya, ada mekanisme yang harus dipenuhi,” terang Muhaimin.

Baca Juga :   Tersenggol Bus Pariwisata Usai pulang Kondangan, Satu Keluarga Tewas

Seperti diketahui, pada Senin (26/10/2015) sore lalu, warga Desa Baujeng, Kecamatan Beji melalui para pemudanya, menelusuri aliran Sungai Wangi untuk mengetahui asal limbah. Karena saat itu, Sungai wangi kembali dicemari limbah berwarna putih dan berbau tak sedap.

Dari penelusuran yang dibayangi seorang yang tak dikenal bak preman itu, para pemuda menemukan saluran pembuangan limbang tersebunyi. Saluran tersembunyi itu berada di pecahan Sungai Wangi di Dusun Perapen, Desa Kemirisewu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. (hrj/hrj)