Wagub Jatim Minta KBIH Arafah Pandaan Ditutup

288

Pandaan (wartabromo) – Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengecam KBIH Arafah Pandaan yang menyia-nyiakan kepercayaan rakyat. Ia menilai ada unsur penipuan dalam kasus “haji via Filipina” sehingga meminta Kementerian Agama menutup KBIH yang sudah berdiri sejak 2003 tersebut.

“Saya mengecam KBIH-KBIH yang tidak benar. Saya minta kepada Kementerian Agama agar menutup KBIH bermasalah,” kata Gus Ipul di Kantor KBIH Arafah, Jalan Pandaan – Prigen, Desa Sumbergedang, Kecamatan Pandaan, Kamis (25/8/2016).

Para jamaah, kata Gus Ipul, berhaji dengan harga plus tetapi lewat negara Filipina yang pasti dokumennya palsu. “Ini bisa kena penipuan, tapi itu tergantung polisi,” imbuhnya.

Pria asli Purwosari ini meminta kasus tersebut jadi pelajaran bagi KBIH lainnnya dan travel haji pada umumnya. Ia juga meminta masyarakat memilih travel yang bisa dipercaya dan memiliki integritas.

“KBIH yang sudah mendapat kepercayaan dari rakyat jangan sekali-kali menyia-nyiakan amat dan kepercayaan. Saya meminta KBIH ini bertanggung-jawab dan berani menghadapi semua pihak yang butuh penjelasan atas kejadian ini, terutama keluarga,” tandasnya. (fyd/fyd)