Pencari Kerja “Banjiri” Job Fair di Taman Candra Wilwatikta Pandaan

497
Foto: M Rosyidi/wartabromo.com

Pandaan (wartabromo) – Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Kabupaten Pasuruan menggelar Job Fair 2016 di Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, Rabu (21/9/2016). Job fair yang diikuti sekitar 52 perusahaan ini “dibanjiri” pencari kerja.

Foto: M Rosyidi/wartabromo.com
Foto: M Rosyidi/wartabromo.com

Pembukaan Job Fair dihadiri Sekretaris Daerah, Agus Setiadji dan Kepala Disnakersostras, Yoyok Heri Sucipto. Usai dibuka, para pencari kerja dari Pasuruan dan sejumlah daerah yang sudah datang sejak pagi langsung menyerbu stand-stand perusahaan yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Usai memeriksa lowongan-lowongan yang tersedia, para pencari kerja tampak sibuk mengisi aplikasi lamaran. Kesempatan ini tak disia-siakan pencari kerja dengan mengisi sebanyak-banyaknya lamaran.

Seperti yang dilakukan oleh Haiyan, salah seorang pemburu pekerjaan asal Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari. Ia mengaku antusias dengan gelaran job fair tersebut.

“Saya membuat 6 lamaran. Enggak tau yang mana nanti yang diterima,” kata Haiyan saat ditemui wartabromo.com di lokasi, Rabu (21/9/2016).

Said (25), salah seorang pencari kerja yang lain mengatakan, dirinya berangkat pukul 7:00 WIB agar mendapat jatah nomor yang terdepan namun sesampainya di lokasi telah banyak yang mendahului dirinya.

“Saya tadi berangkat jam 7, tapi ternyata tiba disini banyak yang lebih dulu,” jelas Said percari kerja asal Bangil.

Kepala Disnakersostrans, Yoyok Heri Sucipto, mengatakan, job fair yang digelar dalam rangka HUT ke-1087 Kabupaten Pasuruan ini berbeda dengan yang sebelumnya. Pihaknya sengaja tak mempublikasikan secara luas dengan maksud mengutamakan warga Kabupaten Pasuruan.

“Selain mengurangi membludaknya pelamar seperti yang sudah-sudah, kita ingin mengutamakan warga Pasuruan. Lebih baik sedikit tapi kompeten sehingga banyak yang terserap,” jelas Yoyok.

Menurutnya, job fair kali ini diikuti 52 perusahaan yang sebagian besar dari Kabupaten Pasuruan, ditambah sejumlah perusahaan dari Malang dan Sidoarjo. Sebanyak 2452 Lowongan tersedia dalam job fair kali ini. (ros/fyd)