Pengunjung Peringatan Hari Jadi Membludak, Lalu-lintas Nyaris Lumpuh

2279

Pandaan (wartabromo) – Puluhan ribu orang datang ke Taman Candra Wilwatikta, Pandaan, menyaksikan malam puncak peringatan Hari Jadi ke-1087 Kabupaten Pasuruan, Sabtu (24/9/2016) malam. Membludaknya pengunjung menyebabkan kemacetan parah.

IMG_20160925_020910Kemacetan terjadi di sejumlah ruas, di antaranya Jalan Ahmad Yani, Jalan Raya By Pass dan Jalan Raya Pandaan – Prigen. Kemacetan terpantau sejak Sabtu sore dan terus berlanjut hingga acara peringatan selesai pukul 00.00 WIB.

Di jalur Malang-Surabaya, kemacetan disebabkan banyaknya kendaraan yang masuk ke arah Prigen untuk menuju Taman Candra Wilwatikta. Kondisi diperparah dengan banyaknya kendaraan luar kota yang berlibur akhir pekan. Kemacetan mencapai 4 KM.

Suwito (51), salah seorang pengemudi truk saat ditemui wartabromo.com di sSmpang Kasri Pandaan mengaku terjebak macet mulai dari depan PT Esterntex.

Baca Juga :   Lestarikan Budaya, Warga Lumbang Gelar Kirab Jaran Bodag

“Tadi mulai depan pabrik textil sebelum Taman Dayu sudah kena macet. Saya pilih By Pass untuk menghindari macet, eh, malah macet panjang,” aku Suwito.

Di Jalur Pandaan – Prigen, kemacetan lebih parah bahkan lalu-lintas nyaris lumpuh. Kemacetan di ruas ini karena parkir kendaraan pengunjung peringatan hari jadi meluber. Banyak kendaraan yang diparkir di pinggir jalan.

Firdaus (32), warga Karangpilang Surabaya mengaku perjalanannya untuk menikmati malam minggu di Puncak Tretes Prigen tersendat karena terjebak macet. Grand Livina yang ditumpangi bersama keluarga tertahan lama di jalur Kasri arah Prigen.

Puluhan polisi terpantau bekerja keras mengatur kendaraan baik di jalur Malang – Surabaya maupun jalur Pandaan – Prigen. Namun, karena volume kendaraan sangat padat, kemacetan parah tak terelakkan. (git/fyd)