Belasan Rumah di Probolinggo Rusak “Disapu” Puting Beliung

1047

Gending (wartabromo) – Bencana puting beliung menghantam pemukiman padat penduduk dua kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Akibatnya, puluhan rumah warga rusak dan sejumlah pohon bertumbangan. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, sementara kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

IMG_20161105_193105Dua kecamatan yang dilanda puting beliung adalah Kecamatan Gending dan Maron. Di Kecamatan Gending, ada dua desa yang diterjang puting beliung yakni Desa Bulang dan Brumbungan Lor. Sedang di Kecamatan Maron, desa yang dilanda adalah Desa Brumbungan Kidul.

Kerusakan rumah akibat terjangan angin puting beliung diantaranya terlihat di Dusun Nangger dan Dusun Rondokuning Desa Bulang Kecamatan Gending. Rumah semi permanen milik warga rusak berat, terutama di bagian atap dan teras. Sementara rumah – rumah yang terbuat dari bambu roboh bahkan rata dengan tanah.

Baca Juga :   Beredar Kabar Kurma Impor Tularkan Virus Corona, Ini Penjelasannya

Berdasarkan penuturan warga, pusaran angin puting beliung datang dari arah timur secara tiba-tiba. Warga kaget karena terjangan angin sangat kuat tanpa disertai hujan lebat. Hanya dalam hitungan detik angin telah merusak rumah penduduk dan menumbangkan pepohonan.

“Kalau hujan tidak terlalu deras, hanya anginnya yang kencang. Ya tiba –tiba anginnya besar muter giut, ya tidak sampai satu menit, ya lewat begitu saja anginnya,” tutur Samsul Arifin, salah satu warga yang rumahnya kena puting beliung, Sabtu (5/11/2016).

Kerusakan terparah tejadi di Desa Bulang, setidaknya ada 9 rumah dilaporkan rusak. 4 rumah rata dengan tanah, sementara lima rumah alami rusak berat.

“Sementara ini perbaikan dari desa sendiri, takutnya masyarakat keleleran. Untuk perbaikan menyeluruh kami menunggu uluran dari pemerintah daerah,” ujar Kades Bulang Nur Hasan.

Baca Juga :   3 Pemuda yang Diamankan di Pesona Candi Dapat Sabu dari Bandar Dalam Kota

Warga dihimbau selalu waspada saat musim hujan seperti ini, pasalnya potensi terjangan puting beliung terus mengancam mengingat curah hujan yang masih tinggi di wilayah Kabupaten Probolinggo. (saw/fyd)