Pembangunan Rumah Warga yang Hancur Diterjang Banjir Dipercepat

780

Bangil (wartabromo.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan segera memproses usulan pembangunan rumah warga Bangil yang hancur diterjang banjir. Diharapkan pembangunan bisa selesai sebelum pergantian tahun.

Seperti diketahui rumah milik Sartika (80), warga Dusun Tambakan, Kelurahan Tambakan, Kecamatan Bangil, rata dengan tanah diterjang banjir pada Jumat (17/12) lalu. Seluruh perabotan dan ayam ternaknya yang selama ini jadi sumber penghasilan juga hilang. Janda sebatang kara ini pun harus tinggal di rumah tetangga.

IMG_20161219_161447Senin (19/12), Ketua Penggerak PKK Kabupaten Pasuruan Lulis Irsyad Yusuf, bersama BPBD, Muspika dan sejumlah pejabat menyambangi Sartika. Lulis menjanjikan rumah Sartika akan dibangun.

Terkait hal itu, Kepala BPBD, Bakti Jati Permana mengatakan pembangunan rumah tersebut memiliki dasar hukum. “Apa yang disampaikan Bu Bupati itu termasuk usulan kepada pemerintah. Itu memang ada aturannya,” kata Bakti.

Baca Juga :   Bebas Setelah Remisi, Napi Pornografi: Saya Mau Tobat, Tak Akan Begitu Lagi

Menurut Bakti, pihaknya sudah memproses pemberian bantuan perbaikan atau pembangunan rumah Sartika, termasuk harus ada usulan kepada bupati, kelengkapan berkas, juga membuka rekening untuk penyaluran dana bantuan.

BPBD sudah sudah koordinasi dengan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah, camat dan kades dan diharapkan sebelum pergantian tahun sudah terealalisasi.

“Dana bantuan sosial tak terduga yang memang biasanya digunakan untuk korban bencana,” jelasnya.

Bakti mengatakan, bangunan rumah yang selama ini ditempati Sartika berdiri di tanah milik orang lain.

“Iya itu bukan tanah Bu Sartika, itu tanah orang lain. Tapi sudah kita pastikan, pemilik tanah bersedia rumah Bu Sartika kembali dibangun di sana,” pungkas Bakti (fyd/fyd)