Ada Kawanan Hiu Paus, Pengunjung Pantai Bentar Probolinggo Meningkat

1924

Gending (wartabromo.com) – Puluhan Hiu Tutul (whale shark) yang sejak akhir Desember lalu bermunculan di Pantai Bentar, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, masih ‘kerasan’ di perairan tersebut. Kawanan hewan raksasa pemakan plankton ini bisa dilihat para pengunjung saat air pasang.

“Biasanya sampai April mereka berada di sekitar sini,” kata Muradi, Koordinator Pengelola Pantai Bentar, melalui sambungan telepon, Mingggu (8/1/2017).

IMG-20161231-WA0012Menurut Muradi, meski masih berada di sekitar Pantai Bentar, kawanan hewan yang biasa disebut Hiu Paus tersebut hanya bisa dilihat dari dekat saat air pasang.

“Kalau air pasang pengunjung bisa melihat dari dekat dengan perahu,” katanya.

Kelompok hius paus sejak beberapa tahun terakhir selalu datang ke Perairan Probolinggo untuk mencari makan dan memperoleh air hangat. Mereka biasanya datang pada Januari dan pergi pada bulan April.

Baca Juga :   Libur Akhir Pekan, Petugas Kebut Pindahkan Isi Truk Tangki

“Sejak adanya hius paus yang setiap tahun datang ke sini, pantai menjadi ramai. Pengunjung meningkat sengaja ingin melihat hiu paus dari dekat dengan perahu,” jelasnya. (fyd/fyd)