Goa ‘Batman’, Wisata Alternatif Gunung Bromo

1352

Sukapura (wartabromo.com) – Anda merasa bosan saat berkunjung ke Bromo? Coba deh wisata alternatif lainnya, yaitu Goa Lawa atau Goa Batman di Desa Ngadas. Disini, wisatawan akan menjumpai ribuan kelelawar beterbangan diatas kepala.

Goa yang menjadi tempat tinggal jutaan kelelawar ini, berjarak sekitar 2,5 kilometer sebelum pintu masuk kawasan Bromo di Dusun Cemoro Lawang, Desa Ngadisari. Lokasinya, tak jauh dari Balai Desa Ngadas, yakni di Jurang Kendi, Dusun Krajan 1.

Kepala Desa Ngadas, Kastaman, mengatakan nama Lawa untuk goa ini diberikan karena ada banyak kelelawar di sana. Namun, oleh warga potensi goa itu tak dimanfaatkan. Sejak beberapa pekan lalu, potensi wisata itu digarap serius oleh pemerintah desa. Bahkan oleh Camat Sukapura, Yulius Christian, dinamai dengan sebutan Goa Batman, yang merupakan tokoh superhero di film.

Baca Juga :   Prosesi Hari jadi Untuk Motivasi Bangun Kabupaten Pasuruan

IMG-20170326-WA0211

“Dulu warga mengambil kotoran kelelawar untuk dimanfaatkan sebagai pupuk. Kami melihatnya bahwa goa ini bagus untuk dikembangkan sebagai wisata alternatif sebagai penyangga wisata Bromo,” ujarnya, Minggu (26/3/2017).

Untuk menjangkau Goa Lawa ini, kendaraan harus diparkir sekitar 250 meter dari lokasi. Selanjutnya, berjalan kaki melewati pematang sawah yang kanan-kirinya ditanami seledri. Dari lokasi ini, aroma kotoran kelelawar yang sangat khas, sudah dapat dirasakan oleh wisatawan.

IMG-20170326-WA0214

Sampai di lokasi, wisatawan tak hanya bisa menikmati panorama Goa Lawa dengan ribuan kelelawar. Melainkan juga panorama air terjun yang sangat indah yang ada di lokasi tersebut. Air terjun ini juga sangat bagus untuk latar belakang foto selfie. “Kami berharap Goa Batman akan lebih berkembang dan diminati oleh para pengunjung wisata,” harapnya.

Baca Juga :   Ini Dua PNS yang Kena OTT Pungli, Terancam 3 Tahun Penjara

Wakil Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, yang pekan lalu berkunjung ke goa ini, mengungkapkan bahwa Pemerintah Daerah akan serius mengembangkan obyek wisata tersebut. Terutama perbaikan akses jalan untuk mempermudah dan melancarkan bagi pengunjung menuju lokasi obyek wisata Goa Batman.

IMG-20170326-WA0215

“Ini potensi lama yang terpendam, nanti kami benahi infrastrukturnya. Sehingga para wisatawan lokal maupun internasional yang ke Bromo, juga tertarik untuk menikmati tempat wisata Goa Batman. Sehingga semakin diminati oleh para pengunjung,” katanya. (saw/saw)

Website with WhatsApp Message
Follow Official WhatsApp Channel WARTABROMO untuk mendapatkan update terkini berita di sekitar anda. Klik disini.