Jalan Tiris Kembali Normal Pasca Longsor

986

Tiris (wartabromo.com) – Setelah tak bisa dilalui kendaraan roda empat selama hampir 20 jam, pasca tertutup material longsor, kini jalan Tiris kembali bisa dilalui. Normalnya akses jalan raya ini, tak luput upaya kerja keras para warga, relawan dan petugas untuk membersihkan material longsor.

“Alhamdulillah, akses jalan yang tertutup material longsor sudah dapat dilalui, baik untuk kendaraaan roda dua maupun roda empat. Warga dan petugas kompak bergotong royong untuk membersihkan jalan,” ujar Camat Tiris Roby Siswanto, Selasa (4/4/2017).

Menurut Camat Roby, sejak pagi hari, puluhan warga, relawan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo, Polsek Tiris dan Koramil Tiris, bahu membahu material longsor. Selain menggunakan peralatan manual, proses pembersihan material longsor ini menggunakan alat berat. Hal ini dilakukan karena tumpukan material longsor cukup tebal dan panjang.

Baca Juga :   Viral, Kakek Usia 60 di Pasuruan Nikahi Perempuan 20 Tahun

IMG-20170404-WA0092

Tak hanya material longsor yang menyulitkan, hujan lebat yang melanda kawasan itu, juga mengganggu proses pembersihan material. Setelah lebih enam jam berjibaku dengan lumpur, warga dan petugas akhirnya sukses menyingkirkan tanah longsoran. “Kami mendatangkan alat berat untuk memperlancar evakuasi. Tadi sempat dihentikan karena hujan deras dan dilanjutkan lagi setelah agak reda,” tuturnya.

Agar kejadian longsor tidak terulang kembali, pria kelahiran kota Kraksaan ini, akan mengusulkan pembangunan dinding penahan tebing. Bangunan permanen itu, menurutnya sangat dibutuhkan di titik tertentu. “Sementara dibeberapa titik sudah ada bangunan sementara untuk menahan longsor. Dinding penahan tebing sangat dibutuhkan, hanya biayanya memang cukup besar. Tapi bisa dilakukan secara bertahap,” kata pemilik gelar doktoral di bidang tehnik sipil ini.

Baca Juga :   Setelah Kasus Pembunuhan, Taat Pribadi Jadi Tersangka Penipuan

Sebagimana diwartakan, hujan deras yang melanda wilayah Kecamatan Tiris sejak Senin (3/4/2017) siang, mengakibatkan tebing di Desa Tiris, Kecamatan Tiris, mengalami longsor. Akibatnya, akses jalan dari Kecamatan Tiris menuju sejumlah kecamatan terputus. Jalur ini sangat vital bagi akses transportasi masyarakat Tiris. (saw/saw)