Ratusan Ribu Petani Akan Terima Kartu Tani

982

Ratusan Ribu Petani Akan Terima Kartu Tani

Kraksaan (wartabromo.com) – Sebanyak 100.070 petani di Kabupaten Probolinggo akan menerima Kartu Tani dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Probolinggo.

Kartu Tani ini diharapkan bisa membantu mewujudkan asas 6 (enam) tepat untuk para petani. Asas enam tepat ini meliputi tepat jumlah, jenis, waktu, tempat, mutu dan harga.

Kepemilikan Kartu Tani ini, memiliki manfaat diiantaranya, memiliki database petani yang tersaji lebih akurat dan terintegrasi. Berikutnya, dapat menyalurkan subsidi dan bantuan sosial lainnya lebih tepat sasaran dan kepastian ketersediaan sarana produksi pertanian (saprotan) bersubsidi/nonsubsidi.

“Kartu Tani ini dimaksudkan demi terwujudnya pendistribusian, pengendalian dan
pengawasan pupuk bersubsidi kepada yang berhak, dalam hal ini para petani. Demi mewujudkan hal itu maka dibuat aplikasi Sistem Informasi Pertanian Indonesia (SINPI) untuk penebusan dan pembayaran pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani,” ujar kepala DKPP Hasyim Asyari, Senin (20/5/2017).

Baca Juga :   Pembunuh Anaknya Divonis 8 Tahun, Ibu Axel: Pantasnya Hukuman Mati!

Saat ini pihaknya tengah melakukan validasi kepemilikan tanah, sewa menyewa tanah, dan pengelola lahan. Untuk tahap pertama ini ada 33 ribu orang yang divalidasi hingga akhir Mei. Kemudian pada akhir Juni, Kartu Tani tersebut sudah tercetak kartunya. Sementara sisanya akan divalidasi secara bertahap hingga akhir tahun 2017.

IMG-20170522-WA0022

“Kartu Tani adalah diperuntukkan bagi pengelola lahan, sementara buruh tani tidak mendapatkannya. Pasalnya, subsidi pemerintah diberikan ke petani,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pelaksanaan Penyuluhan dan Bina Usaha Tani DKPP Kabupaten Probolinggo, Yahyadi mengatakan, kartu tani ini akan diterbitkan bekerjasama dengan bank BNI.

Kartu Tani ini digunakan secara khusus untuk membaca alokasi Pupuk Bersubsidi dan transaksi pembayaran Pupuk Bersubsidi di mesin Electronic Data Capture (EDC). Mesin Electronic ini, ditempatkan di semua pengecer atau penjual kebutuhan pertanian.

Baca Juga :   Misbakhun : Golkar Bertekad Membasmi Politik Dinasti di Kota Pasuruan

“Kartu juga dapat berfungsi untuk melakukan seluruh transaksi perbankan pada umumnya. Selain itu, kemudahan akses pembiayaan KUR (Kredit Usaha Rakyat), menumbuhkan kebiasaan menabung (tidak konsumtif), biaya simpanan lebih ringan, mendapatkan program Prona (BPN), dan akan mendapatkan kemudahan mendapatkan subsidi serta bansos,” jelasnya. (saw/saw)