Jamaah Haji Probolinggo Upacara Bendera Di Jabal Rahmah

1484

Makkah (wartabromo.com) – Cinta tanah air tak mengenal jarak. Kapan dan dimana pun tetap terus bergelora. Nah, kali ini ratusan jamaah haji asal Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, menggelar upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72, di Jabal Rahmah, Makkah. Kegiatan di sela ibadah haji inipun memiliki makna mendalam bagi para calon haji.

Negara Indonesia dengan Makkah terpaut jarak sekira 7.911,45 kilometer, namun calon haji asal Kabupaten Probolinggo tetap bersukacita melaksanakan upacara bendera Hari Kemerdekaan ke-72 RI di Tanah Suci.

 

Meski terlihat sederhana, jamaah memilih KH. Abd Wasik Hannan sebagai Inspektur Upacara, memimpin serangkaian tahapan upacara dengan peserta dari Jamaah Haji asal KBIH PCNU Kraksaan di Jabal Rahmah, Makkah Al Mukarromah.

Baca Juga :   Anggap Kasus Sulit Diteruskan, PWI : Kapolres Pasuruan Lecehkan UU Pers

Calon haji termasuk dalam rombongan kelompok terbang 52 Embarkasi Surabaya itu memulai upacara pukul 8 waktu setempat.

Disebutkan, awalnya hanya diikuti oleh 95 jamaah asal KBIH PNCU Kraksaan saja. Namun, beberapa jamaah asal Indonesia lainnya kemudian turut serta dalam peringatan kemerdekaan ini.

“Sehingga ada sekitar 300 orang calon haji yang menggelar upacara bendera Agustusan di sela menunaikan ibadah haji di Makkah,” ujar Sekretaris PCNU Kraksaan Faudzan Hafidi, melalui sambungan selulernya, Kamis (17/8/2017) siang.

Menurut Nurul Yaqin, ide menggelar upacara bendera di Tanah Suci digagas saat rapat koordinasi (rakor) karom (ketua rombongan) dan karu (ketua regu) di Hotel Aziziyah.

Usul itu kemudian disepakati jamaah lainnya sebagai wujud Cinta Tanah Air serta menunjukkan semangat nasionalisme rakyat Indonesia tidak pernah pudar meski berada di Saudi Arabia.

Baca Juga :   Gondol Rp 100 Juta, Kawanan Pelaku Pecah Kaca di Kota Pasuruan Dibekuk Polisi

“Semangat ini juga diharapkan mampu memotivasi para jamaah dan mendoakan yang terbaik untuk bangsa Indonesia. Harapannya Indonesia dijauhkan dari segala bentuk musibah serta selalu mendapat rahmat dan perlindungan dari Allah SWT,” kata Ketua Rombongan 1 Kloter 52 ini. (cho/saw)