Bangun MAN IC, Kabupaten Pasuruan Pangkas Disparitas Pendidikan Timur dan Barat

1120

Grati (wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf meresmikan pembangunan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC) di Grati, Kabupaten Pasuruan, Kamis (14/9/2017). Sekolah inipun disebut-sebut sebagai upaya memangkas kesenjangan pembangunan terutama pendidikan di Pasuruan wilayah barat dan timur.

Irsyad Yusuf dalam sambutan mengatakan, sekolah ini menjadi peluang bagi siswa siswi lulusan SLTP sederajat untuk mendapatkan dan memilih pendidikan berkarakter dan berkualitas.

“Kebetulan di Jawa Timur, MAN IC Pasuruan masih satu-satunya. Sekolah serupa saat ini sudah ada seperti di Serpong dan Gorontalo,” kata Irsyad Yusuf.

Jika dibandingkan dengan sekolah reguler, MAN IC lebih memiliki keunggulan mulai dari segi mutu pendidikan hingga ragam fasilitas penunjang yang lebih memadai.

Baca Juga :   Pimpinan Lapas Berganti, Ini Harapan Kalapas Baru

Selain itu, hal utama dibangunnya sekolah berstandar internasional ini juga merupakan hal terpenting dari ihtiar pembangunan Pasuruan Maslahat, seperti yang menjadi visi Kabupaten Pasuruan saat ini.

“Ini bagian terpenting dalam (memotong) disparitas pembangunan wilayah timur dan barat,” tambah Gus Irsyad.

Baca juga: Interpelasi MAN IC Gagal, Pengamat : Ini Pembelajaran Politik

Secara spesifik Bupati yang akrab dipanggil Gus Irsyad ini melanjutkan, pendidikan merupakan satu kesatuan dalam membangun kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Pasuruan.

Sementara diketahui, MAN IC direncanakan dibangun di atas lahan seluas 9,2 hektar, dengan anggaran bersumber dari APBN 2017 senilaiRp 3,07 milyar.

Sedianya, proses pembangunan ditarget selesai sekitar 10 bulan kedepan atau pada medio 2018 mendatang. (ono/ono)