Haul Kyai Hamid ke-36, Jamaah Dari Madura Mulai Berdatangan

463

 

Pasuruan (wartabromo.com) – Jama’ah haul Al Maghfurlah KH. Abd Hamid ke-36 asal pulau Madura telah mendarat di pelabuhan Kota Pasuruan, Senin (27/11/17). Mereka nekad menggunakan kapal menyebrangi lautan, untuk mendapat barokah haul.

Ketua rombongan, Ismail mengungkapkan, para jama’ah hampir setiap tahunnya rutin berangkat ke acara haul ini.

Kondisi cuaca tidak menentu di tengah lautan, dikatakan tetap bukan halangan bagi mereka untuk melaju ke Kota Pasuruan, lokasi haul Kyai Hamid.

Dijelaskan, ia beserta rombongan berasal dari Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura. Berangkat pukul 07.00 WIB dan telah tiba di pelabuhan Kota Pasuruan pukul 12.00 WIB.

Ia melanjutkan, kapal yang ditumpangi rombongannya berjumlah 4 kapal untuk 600 jama’ah, dengan rata-rata setiap kapal diketahui berjumlah sekitar 150 orang.

Diakuinya, ia bersama rombongan sudah terbiasa menggunakan jalur laut. Pada tahun ini adalah yang ke-13 kalinya menghadiri acara haul KH. Abd Hamid.

Ia bersama rombongan jauh-jauh datang ke acara haul tersebut hanya mencari keberkahan dari KH.Abdul Hamid Bin Abdullah Umar.

“Saya serta beberapa rombongan sudah 12 tahun menghadiri Khoul Mbah hamid, dan Allhamdullillah ini yang 13 tahun bisa datang Ke Pasuruan,” Terang Ismail.

Dari pantauan wartabromo.com, rombongan yang datang dari pulau Madura telihat dari usia anak-anak hingga usia tua. Diperkirakan jama’ah haul dari pulau Madura akan bertambah sampai nanti malam. Pasalnya, dalam siang tadi telah banyak kapal-kapal dari Madura, tiba di pelabuhan Kota Pasuruan. (ozi/ono).