86 Pegawai Pemkab Probolinggo Bolos di Hari Pertama 2018

462
ASN Pemkab Probolinggo. (Foto: dokumen)

Probolinggo (wartabromo.com) – Sebanyak 86 pegawai Pemkab Probolinggo tak masuk kerja di hari pertama masuk kerja di 2018. Parahnya lagi, 12 orang diantaranya tidak masuk tanpa keterangan.

Bolosnya puluhan pegawai itu, terungkap saat tim gabungan pemkab yang dikomando langsung oleh Sekda Soeparwiyono menggelar inspeksi mendadak (sidak). Ada 4 tim sidak yang menyisir absensi ke 27 organisasi perangkat daerah (OPD).

Tim pertama langsung dipimpin Sekda Soeparwiyono, tim kedua dipimpin Kepala BKD Abdul Halim. Kemudian tim ketiga oleh Kasatpol PP Dwijoko Nurjayadi dan tim terakhir dikoordinir kepala Badan Kesbangpol Agus Mukson.

“Hasilnya tim gabungan ini mendapati puluhan pegawai yang tidak masuk pada hari pertama kerja di 2018 ini. Sidak dilakukan pagi hari saat apel pagi. Ditunggu 5 menit, pegawai itu tidak kunjung datang, maka dianggap tidak hadir. Totalnya ada 86 pegawai yang tidak hadir,” ujar Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Probolinggo, Tutug Edi Utomo, Selasa (2/1/2018).

Tutug menjelaskan, dari 27 OPD yang disidak, ditemukan total 86 pegawai (PNS-non PNS) yang tidak hadir alias absen. Rinciannya, ada 13 pegawai yang tidak masuk karena sakit, 7 pegawai cuti. Kemudian ada 22 pegawai yang lepas piket (LP) dan 12 pegawai tanpa keterangan (TK). Sisanya ada beberapa alasan atau izin lain.

Mantan Kepala Dinas Pendidikan itu, mengatakan 12 pegawai yang tanpa keterangan itu, terdiri dari 10 pegawai PNS dan 2 pegawai non PNS.

“Pastinya kami akan melakukan klarifikasi pada mereka. Nantinya BKD dan Inspektorat yang akan mengambil sanksi, karena sidak digelar untuk menerapkan disiplin pegawai,” tandas Tutug. (cho/saw)