Eloknya Kampung “Dewi Endang Sukarni” Nan Penuh Warna

0
868

Pasuruan (wartabromo.com) – Ada yang baru, bila jalan-jalan di Dusun Bandilan, Desa Ranuklindungan, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Seluruh rumah dihiasi beragam lukisan, plus jalan berwarna-warni dipadu deretan indahnya tanaman di kampung “Dewi Endang Sukarni”.

Sangat menyolok mata. Yups, kalimat itu pertama kali muncul saat wartabromo.com mencoba melihat salah satu sudut pemukiman di wilayah timur Pasuruan ini.

Bila sebelumnya ada danau Ranu, barangkali kampung ini bisa menjadi destinasi anyar untuk pilihan menghabiskan waktu liburan, meskipun hanya sekedar cuci mata.

Hal menggelitik lain tentu saja nama “Dewi Endang Sukarni”. Mencoba menelisik. Kepala Desa Ranuklindungan, Nizar mengungkapkan, nama Kampung Dewi Endang Sukarni merupakan kepanjangan kalimat dari Kampung “Desa Wisata Enak Dipandang, Subur, dan Suka Warna-Warni”.

Penyebutan ini merupakan kesepakatan dari seluruh warga untuk memberikan nama yang pas bagi kampung kebanggaan penuh mozaik tersebut.

“Nama Dewi Endang Sukarni itu kan nama jawa, jadi pas dengan ikon kampung,” kata Nizar, kemarin.

Harapannya, tentu saja kampung ini menjadi daya tarik dan perkembangan kepariwisataan di Kecamatan Grati.

Dijelaskan kemudian, pencanangan Kampung Dewi Endang Sukarni sebagai Kampung Wisata merupakan usaha bersama seluruh warga Dusun Bandilan, mulai dari RW 01, RW 02 dan RW 03.

Warga dalam beberapa waktu terakhir tak segan bergotong royong mempercantik kampung dengan menghiasi rumah berupa ragam lukisan menarik. Kampung terlihat kian semarak, karena tidak hamya rumah, jalan pun dibuat bersolek dipadu dengan tanaman hias, hingga membuat segar suasana.

“Semoga Kampung ini akan terus menarik tidak hanya sekarang saja, tapi sampai bertahun-tahun mendatang,” imbuh Nizar penuh doa.

Belakangan, aksi warga ini juga mendapat perhatian sejumlah kalangan. Salah satunya istri Bupati Pasuruan, Lulis Irsyad Yusuf, yang kemudian mencanangkan Dewi Endang Sukarni menjadi salah satu lokasi wisata andalan Kabupaten Pasuruan.

Dikatakan, Kalau Kota Malang ada Kampung Warna-Warni, tepatnya berada di salah satu Gang Jodipan, Kesatrian, Blimbing. Kini Kabupaten Pasuruan dengan kekhasannya juga memilikinya.

“Wah, Saya kagum dengan kampung ini, warganya kompak semuanya,” ucap Lulis kala itu.

Sedikit promosi, ia pun mengajak wisatawan berkunjung, menikmati eloknya Kampung Dewi Endang Sukarni.

Kampung ini tidak hanya menawarkan keindaan warna dan pesonanya, karena wisatawan bisa menikmati ikan lempuk khas Danau Ranu Grati, dengan berbagai macam bentuk sajian.

“Ayo saya undang semua masyarakat dari manapun berada, untuk datang ke Dusun Bandilan, Kabupaten Pasuruan,” ajak Lulis. (mil/ono)