Gelar Musrenbang, Pemkab Pasuruan Prioritaskan Pembangunan Daerah

1676

Pasuruan (wartabromo.com) Pemerintah Kabupaten Pasuruan gelar Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan ) tingkat Kabupaten Pasuruan tahun 2018, Selasa (27/3/2018). Musrenbang RKPD tahun ini menjadi masa transisi, setelah berakhirnya kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan Periode 2013-2018.

Plt Kepala Bappeda Kabupaten Pasuruan, Soenarto mengatakan, penyusunan RKPD 2019 didasarkan pada Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2005-2025, yang bertujuan meratakan pembangunan secara adil.

“Musrenbang ini juga berpedoman pada RKP nasional 2019, yakni pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas dan RKPD propinsi Jawa Timur 2019 yang mengarah pada pertumbuhan ekonomi untuk mengurangi kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan,” kata Sunarto.

Dalam hal ini, Pemerintah memprioritas pembangunan daerah melalui berbagai macam kegiatan, seperti pengurangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan dasar, peningkatan infrastruktur daerah, nilai tambah ekonomi melalui pertanian, perikanan dan peternakan, pemantapan ketahanan pangan daerah dan pelestarian lingkungan hidup, serta peningkatan ketentraman dan ketertiban di masyarakat dan kesuksesan pemilu, serta penguatan kinerja birokrasi yang transparan dan akuntabel.

“Tema Musrenbang tahun ini menjadi cukup relevan dalam perjalanan pembangunan di Kabupaten Pasuruan. Frame pembangunan seperti ini mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pasuruan yang dalam tahun 2016 mencapai 5,44%,” imbuhnya.

Lebih lanjut Sunarto menambahkan, sebelum Musrenbang tingkat Kabupaten digelar, pihaknya terlebih dulu mengadakan Musrenbang tingkat desa yang telah dilaksanakan pada Juli 2017 lalu. Kemudian dilanjutkan Musrenbang Kecamatan mulai 5-13 Pebruri 2018, Forum Perangkat Daerah (FKD) mulai 5-15 Maret dan diakhiri dengan Musrenbang Kabupaten Pasuruan.

“Total ada 5972 usulan mulai dari Musrenbang Desa, Kecamatan dan Forum Perangkat Daerah. Dan mulai hari ini sampai beberapa hari ke depan akan langsung kita bahas dengan semua OPD terkait,” pungkas Sunarto. (**/**)