Sering Kekenyangan Saat Berbuka? Begini Tipsnya!

2191

Pasuruan (wartabromo.com) – Setelah menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, biasanya membuat anda menjadi kalap saat berbuka. Semua hidangan di makan, bahkan “jajan” saat ngabuburit untuk persiapan berbuka puasa. Padahal, lambung juga memiliki batas maksimum menampung makanan. Akhirnya, kekenyangan melanda saat hendak melaksanakan salat Tarawih.

Makan berlebihan saat puasa selain bisa membuat kekenyangan dan mengantuk juga bisa membuat berat badan naik loh. Nah, berikut ini tips mengontrol diri saat berbuka puas, untuk menghidari kekenyangan :

 

  1. Awali buka puasamu dengan kurma dan air putih terlebih dahulu. Hindari minum yang terlalu manis, karena bisa jadi rasa lapar yang anda rasakan ini karena dehidrasi. Hal ini juga sesuai dengan hadits Rasulullah yang berbunyi:

“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air”

  1. Setelah salat Maghrib, jangan langsung makan makanan yang berat. Anda bisa memulai dengan makan sayur atau buah-buahan terlebih dahulu. Namun, jika anda mempunya penyakit lambung, anda sudah bisa langsung menyantap makanan sesuai dengan porsi badan anda. Ingat, lambung dibagi menjadi 3 bagian, yakin 1/3 makanan, 1/3 minuman, dan 1/3 udara.
Baca Juga :   Biar Semangat Nyoblos, Warga Desa Martopuro Dijemput Mobil Khusus

 

  1. Berbuka dengan keluarga juga bisa jadi cara untuk mengontrol diri dalam memilih makanan apa yang akan disantap. Mengapa keluarga? Karena keluarga paling tahu mengenai porsi makan anda. Dan lagi, dalam sebuah keluarga, bisa saling mengingatkan untuk tidak makan secara berlebihan saat berbuka puasa.

 

  1. Jangan menggunakan bawahan, celana, rok yang longgar. Usahakan gunakan bahan yang rapat di perut, supaya bisa mengontrol daya tampung perut anda. Jika anda menggunakan bawahan yang longgar, bisa jadi anda tidak “peka” saat perut mulai kenyang. Setelah makan, bolehlah anda melonggarkan bawahan, supaya perut kembali nyaman.

 

Keempat tips ini dapat dilaksanakan saat berbuka puasa tiba. Jangan terlalu banyak menyantap makanan seolah-olah tidak ada hari esok. Tidak kalap saat berbuka membuktikan bahwa anda dapat mengontrol diri dari hawa nafsu. Semoga informasi ini bermanfaat bolo warmo! (wil/may)