Antisipasi Kejahatan, Polisi Keliling Pemukiman di Kota Pasuruan

743

Pasuruan (wartabromo.com) – Polres Pasuruan Kota keliling perumahan dan sudut kampung, ciptakan kondisi aman jelang lebaran. Tak tanggung-tanggung, Kapolres Pasuruan Kota AKBP Rizal Martomo terjun langsung, berkeliling.

Rizal, sapaan akrab Kapolres, memulai keliling ke sejumlah perumahan dan pemukiman padat penduduk di wilayah sekitaran markas Polres Pasuruan Kota.

Dibantu sejumlah perwira lain, Rizal menyampaikan himbauan kepada masyarakat atau bahkan calon pemudik yang akan meninggalkan rumahnya. Menurutnya, potensi kejahatan saat mudik lebaran ini cenderung meningkat. Sehingga, ia berpesan agar selalu waspada, hingga kemudian selembaran himbauan kamtibmas pun ditempelnya.

“Pastikan bahwa kondisinya benar-benar aman,” himbaunya.

Secara mendetail, ia juga meminta masyarakat dapat membuat kunci ganda. Tentu saja, sistem keamanan dapat lebih terjamin.

“Kalau bisa ada penambahan khusus misal ditambahi CCTV untuk pengamanan lainnya,” tambahnya.

Hal terakhir yang dipesannya, bila meninggalkan rumah, warga harus mengecek rumah terlebih dahulu, selain kompor yang tersambung dengan elpiji juga harus dicabut. Ditambahkan juga untuk memperhatikan sistem kelistrikan dalam rumah agar aman saat ditinggal.

“Antisipasi sedini mungkin. Pastikan rumah aman dan terkendali. Jangan khawatir, kami akan selalu melakukan patroli setiap saat selama 1×24 jam,” katanya.

Wulan, salah satu penghuni rumah di sebuah perumahan di Kota Pasuruan mengaku mengapresiasi kegiatan yang telah diberikan pihak kepolisian.

Himbauan dinilai sangat bermanfaat, lantaran akan mudik ke Jakarta minggu besok dan akan kembali pada 20 juli 2018 nanti.

“Biasanya untuk antisipasi pencurian, saya pakai orang yang bantu – bantu, bersih-bersih di rumah, sekaligus ikut menjaga rumah meski sudah ada satpam yang berjaga di kompleks selama 24 jam penuh,” kata Wulan. (man/ono)