Warga Manfaatkan Sumber Candi Belahan untuk Air Minum

2147

Gempol (wartabromo.com) – Candi Belahan, merupakan Cagar Budaya berada di Desa Wonosonyo, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Keberadaannya ternyata juga dimanfaatkan oleh warga untuk memenuhi kebutuhan air minum sehari-hari.
Terlihat, warga membawa jerigen dan galon air mineral kosong, menuju tempat peninggalan sejarah ini. Selanjutnya, mereka melepas alas kaki menuju arca/patung, yang menjadi tempat mengalirnya air, sebelum ditampung kolam di bawah nya.
Astono, salah seorang warga mengaku, setiap hari warga mengambil air yang mengalir dari patung tersebut.
“Yah setiap hari (mengambil air), diambil untuk minum oleh warga,” ujar Astono, warga Desa Belahan.
Astono mengaku, air di sumber belahan ini segar dan bersih, dan menjadi salah satu sumber air minum dan kebutuhan lain seperti memasak dan mencuci oleh warga di Desa Belahan. Malah, warga sudah terbiasa langsung meminum air sumber ini, tanpa dimasak terlebih dahulu.
Selain untuk memenuhi kebutuhan warga, air yang berada di Candi Belahan, konon dipercaya membantu kesuburan wanita, untuk pasangan yang belum diberi keturunan.
“Yah itu mitos, tapi memang pernah ada (mendapat keturunan),” tambahnya.
Sementara itu, candi yang berada di ketinggian 700 mdpl ini, sering dikunjungi wisatawan. Selain memiliki nilai sejarah, pemandian dan arsitektur indah menjadi daya tarik. Karenanya, Candi Belahan juga dijadikan salah satu destinasi unggulan Kabupaten Pasuruan untuk menarik kunjungan wisatawan.
Tarif masuknya pun, gratis. Pengunjung hanya diminta mengisi daftar hadir yang sudah disediakan pengelola, untuk bisa menikmati segarnya sumber air Candi Belahan itu.

Baca Juga :   Akan Resmikan Proyek Umbulan, JK Bakal Lintasi Jalan Rusak