Tergoda Eksotis Pantai Perawan di Lekok

1729
Matahari terbenam di Pantai Karang Hitam, Lekok, Kabupaten Pasuruan, Foto : Akhmad Romadoni
Pantai ini boleh dikata masih perawan, karena tersembunyi dan masih belum banyak orang mengetahuinya.

Laporan: Akhmad Romadoni

MELIHAT pantai dengan tebing dan sunset mempesona, bisa jadi kita langsung teringat Pantai Kuta atau Pantai Tegal Wangi Jimbaran di Pulau Bali. Itu karena, Bali memang identik dengan keindahan pantai dan pemandangan sunset maupun sunrise eksotis.

Nah, pantai yang satu ini juga memiliki panorama bak di Bali. Corak tebing menawan ditambah pemandangan sunset, juga tak kalah eksotis.

Berada di Kabupaten Pasuruan lho? bahkan, di Kecamatan Lekok.

Pantai Karang Hitam namanya. Tepatnya, terletak di Desa Wates, termasuk Jl. Raya Surabaya-Probolinggo KM. 73, Pasir Panjang, Wates, Lekok, Kabupaten Pasuruan. Barangkali lebih enak dibilang, tempat ini berdekatan dengan PLTG Grati.

Pantai ini boleh dikata masih “perawan”, karena tersembunyi dan masih belum banyak orang mengetahuinya.

Pemandangan tebing dan sunset, karang-karang hitam tatkala sungai mulai surut bakal bisa membelalakkan mata.

Matahari terbenam di tepi Pantai Karang Hitam, Lekok, Kabupaten Pasuruan. Foto : Akhmad Romadoni

Berkunjung ke sini, sepertinya kudu melewati gapura pangkalan TNI AL terlebih dahulu. Mengawali perjalanan, kita akan melihat hamparan lahan lepas, mirip dengan padang savana di benua Afrika. Rerumputan terbentang di sepanjang mata memandang, berpadu pepohonan yang tumbuh satu-dua di atas rumput. Apalagi background bukit-bukit menjulang di sisi kiri dan kanan jalan menuju Pantai Karang Hitam. Awal pas untuk menyaksikan sunset di Karang Hitam.

Tapi, sepertinya bakal lebih seru jika menggunakan motor, karena dengan roda empat, mungkin agak susah, terlebih saat ingin menyaksikan sunset dari dekat.

Sebelum sampai pada titik terdekat keindahan sunset, tentu saja hamparan pantai nan indah bisa sedikit meredam lelah kita selama di perjalanan, plus sejukkan pandangan.

Dan, sepertinya nggak ada yang bisa memungkiri panorama dengan tebing-tebing coklat. Belum lagi, angin sepoi-sepoi dengan debur ombak tenang pantai.

Hanya sekedar rujukan, bila ingin menyaksikan puncak keindahan sunset, pukul 16.50 WIB, sepertinya waktu tepat. Matahari terbenam perlahan, sementara karang-karang hitam seakan semakin muncul, berikut kemilau pantulan cahaya air laut tertimpa sinar matahari terbenam.

Bagi penghobi jeprat-jepret dapat merekam gambar landscape pantai Karang Hitam. Calon pengantin boleh juga tuh mengabadikan moment sakralnya, meski sekedar foto prewedding.

Keindahan Pantai Karang Hitam, selama ini diakui tak banyak dipublikasikan. Tapi, tetap saja meski perlahan sudah banyak menarik perhatian wisatawan lokal maupun luar daerah.

“Pantainya sangat indah, dengan sunset menawan seperti di Bali, membuat takjub,” kata Hanif, salah seorang pengunjung dari Malang. (*)