Geger Temuan “Candi” di Candiwates

7948

Prigen (wartabromo.com) – Susunan batu bata, sebelumnya terpendam di dalam tanah, ditemukan di wilayah Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Warga geger, setelah tumpukan bata itu dikait-kaitkan dengan bangunan mirip candi.

Batu bata tersebut terlihat tersusun dan beberapa warga mengatakan menyerupai tangga, di permukaan sebuah lahan wilayah Dusun Kalongan, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Tidak diketahui secara pasti, siapa yang pertama kali menemukan sebagian kecil susunan bata mirip candi itu. Tiba-tiba warga membincangnya, hingga ramai-ramai menyesaki lokasi temuan, sejak Selasa kemarin hingga sore ini.

“Bahkan, sampai malam kemarin, warga dan pihak desa berada di lokasi,” ujar salah satu warga Candiwates, Rabu (22/8/2018).

Baca Juga :   Diwaduli Para Kades Takut Urusi Prona, Bupati Pasuruan Kirim Surat ke Kementerian

Pihak desa pun datang, mencoba memeriksa. Tidak berapa lama sejumlah petugas diperkirakan dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Trowulan menyusulnya ke lokasi temuan susunan batu bata itu.

Petugas itu kemudian mencoba meneliti, diantaranya dengan membersihkan bata-bata, meski kemudian meninggalkannya kembali, setelah hari sudah berganti gelap.

Sampai saat ini, belum ada penjelasan terkait temuan yang gegerkan warga Candiwates itu.

Diperkirakan, dalam waktu dekat, BP3 akan mengerahkan tim arkeolog untuk menelusuri, kemungkinan susunan bata itu merupakan potongan dari bangunan candi atau bangunan lain, yang bisa disebut sebagai cagar budaya. (ono/ono)