Tahura R Soerjo Kembali Terbakar

1626

Prigen (wartabromo.com) – Taman Hutan Raya (Tahura) R. Soerjo di pegunungan Arjuno-Welirang kembali terbakar. Kebakaran terjadi sejak Rabu (12/9/2018) siang.

Informasi yang didapat WartaBromo menyebutkan, kobaran api terpantau Rabu (12/9/2018) petang. Tepatnya di kawasan Lali Jiwo, Blok Kijakan. Hingga berita ini diturunkan, belum ada petugas yang naik untuk melakukan pemadaman.

“Rencananya besok (Kamis, 13/9/2018) baru naik Mas,” kata Salim, relawan pemadam kebakaran hutan asal Jatiarjo, Prigen.

Dikatakan Salim, pertengahan Agustus lalu, hutan yang berada di ketinggian 2000 meter di atas muka laut (mdpl) sebelumnya juga sempat terbakar. Namun, berhasil dipadamkan tiga hari kemudian.

Sejauh ini belum dipastikan penyebab kebakaran tersebut. Tetapi, dugaan sementara karena sisa kebakaran sebelumnya.

Baca Juga :   Warga Gajahrejo Minta Dua Keluarga Diduga Gabung Gafatar Dipulangkan

Selama ini kebakaran menjadi ancaman serius hutan Tahura di pegunungan Arjuno-Welirang saat musim kemarau tiba. Seperti sekarang ini, tercatat sejumlah insiden serupa terjadi sejak musim kemarau tiba.

Merujuk data Yayasan Satu Daun, pada 15 Agustus lalu, tercatat sekitar 150 hutan di Blok Kijakan ludes dilalap api. Lalu, disusul kebakaran di Blok Soeroto pada 8 September. Di hutan milik Perhutani ini, total luas yang terbakar mencapai 10 hektare lebih.

Dua hari berselang (10/9/2018), aksi ‘si jago merah’ terlihat di atas petilasan Indrokilo, lereng Gunung Ringgit. Meski kembali berhasil dipadamkan, total lahan yang terbakar mencapai 100 hektare lebih.

“Ada relawan dari Jatiarjo, Tahura, Perhutani dan juga Muspika yang ikut membantu pemadaman,” jelas Sudiono, ketua Yayasan Satu Daun. (asd/ono)