Festival Kesenian Pesisir Utara Siap Semarakkan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan

2097

Pasuruan (wartabromo.com) – Festival Kesenian Pesisir Utara (FKPU) ke XV akan digelar di Kabupaten Pasuruan. Kegiatan tahunan ini menjadi salah satu acara untuk menyemarakkan Hari Jadi Kabupaten Pasuruan ke 1089.

Nurul Hudayati, Penanggungjawab FKPU dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan mengungkapkan, ada 2 tema yang sudah dipersiapkan pada festival tahun ini.

“Kita sudah menyiapkan 2 tema untuk festival tahun ini, Ritus Pesisiran dan Permainan Rakyat, ” kata Nurul.

Dijelaskan, festival ini akan digelar selama 3 hari, mulai tanggal 21-23 September 2018 mendatang. Ada beberapa agenda yang sudah dipersiapkan, diantaranya pameran kerajinan Seni & Kuliner, Pagelaran permainan rakyat, pagelaran seni pertunjukan pesisiran, hingga sarasehan.

Baca Juga :   Merusak Jalan, Proyek Galian Pipa PDAM di Perum Kademangan Permata Regency Dikeluhkan

Kata Nurul, 14 Kabupaten/Kota di wilayah Pesisir utara, akan mengikuti pagelaran ini. Diantaranya Kabupaten Gresik, Surabaya, Pamekasan, Sumenep, Bangkalan, Sampang, Sidoarjo, Pasuruan/Kota Pasuruan, Probolinggo/kota Probolinggo, Tuban, Lamongan dan Bojonegoro.

Setiap wilayah, mengirimkan kurang lebih 50-70 peserta perwakilannya, untuk meramaikan gelaran tahunan di Taman Candra Wilwatikta Pandaan ini.

“Pesertanya dari 14 Kabupaten/Kota, ada 50-70 peserta per kontingen ,” pungkasnya. (trl/**)