9 Prioritas HATI Makmurkan Probolinggo

2084

Probolinggo (wartabromo.com) – Pasangan P. Tantriana Sari – HA. Timbul Prihanjoko (HATI) mempunyai beberapa program dalam memakmurkan rakyat Kabupaten Probolinggo. Ada 9 program prioritas atau Nawa Hati yang akan dijalankan selama 5 tahun mendatang.

Nawa Hati itu disebutkan oleh Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari, saat memberikan sambutan dalam Sertijab Bupati Probolinggo, yang dilaksanakan di pendapa, pada Kamis (27/9/2018). Ke-9 sasaran itu adalah Penguatan Ekonomi dengan ‘Program Pesona Hati’. Kedua Layanan Pro Kesehatan dengan ‘Program Hati Sehat’. Yang ketiga adalah Layanan Pro Pendidikan dengan ‘Program Hati Cerdas’. Keempat adalah Peningkatan Infrastruktur dengan ‘Program Hati Mantab’.

Selanjutnya 5 Program lainnya adalah Layanan Publik dengan ‘Program Hati Melayani’. Layanan Rumah Sehat dengan ‘Program hati Peduli’. Kemudian ada Layanan Pro Petani dan Nelayan dengan ‘Program Hati Makmur’. Serta Penguatan Solidaritas Sosial dengan ‘Program Hati Tentram’ dan Pemberdayaan Desa dengan ‘Program Hati Sejuk’.

Baca Juga :   Sidang Kasus Pembacokan Kasun Lekok Diwarnai Kericuhan

“Kami menetapkan 9 program koordinatif yang akan kami sebut Nawa Hati yang berfungsi sebagai arahan operasional kepala perangkat daerah, camat, lurah dan kepala desa. Semoga ikhtiar ini, mampu menaikkan tingkat derajat kehidupan masyarakat Kabupaten Probolinggo,” kata istri Hasan Aminuddin ini, saat membacakan sambutan,”

Nawa Hati itu, menurut Tantri berdasarkan evaluasi dirinya dan Timbul Prihanjoko selama memimpin pada 5 tahun lalu. Kemudian berdasarkan data dari BPS per Maret 2017, kemiskinan di Kabupaten Probolinggo masih di angka 20,52 persen. Angka itu lebih tinggi daripada angka kemiskinan Provinsi Jawa Timur yang berada di angka 10 persen.

“Mari kita bersama-sama berikhtiar untuk bersama-sama membangun Probolinggo. Tujuannya satu, Kabupaten Probolinggo Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghafur,” tandas wanita berjilbab ini.

Baca Juga :   125 Hektar Kawasan TNBTS Mengalami Degradasi Lahan

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, mengapresiasi Nawa Hati yang diprogramkan oleh duet Bupati-Wakil Bupati Probolinggo itu. “Apa yang telah dilakukan oleh duet pasangan ini pada periodes pertama sudah luar biasa. Kami mengucapkan selamat. Semoga lima tahun ke depan agar konsisten dengan program dan kegiatan yang dilakukan dengan baik. Dan dibuka terus pendopo ini, supaya dapat mendengar kelompok-kelompok masyarakat,” kata Pakde Karwo. (saw/**)