7.000 Santri Ponpes Ngalah Siap Teruskan Perjuangan Ulama’

1396
Santri pondok pesantren Ngalah saat mengikuti apel Hari Santri Nasional, Senin (22/10/2018). (Foto: Rozikin)

Purwosari (wartabromo.com) – Sebanyak tujuh ribu santri Pondok Pesantren Ngalah melaksanakan Apel Hari Santri Nasional, di lapangan Universitas Yudharta Pasuruan, Senin (22/10/2018). Santri diajak untuk meneruskan perjuangan terdahulu untuk tanah air.

Seluruh santri Ponpes yang terletak di Sengonagung, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan ini terlihat khidmat mengikuti rangkaian apel. Peserta apel berasal dari santri yang bermukim di Pondok Pesantren Ngalah, siswa/i, dan semua guru dari lembaga yang berada dibawah naungan Yayasan Darut Taqwa juga turut serta mengikuti apel.

Agus Ahmad Saikhu, Pembina Apel dari Ponpes Ngalah menjelaskan, apel tersebut adalah bentuk penghormatan kepada para pejuang dan para ulama’ terdahulu. Sehingga para santri diharapkan dapat meneruskan berjuang demi tanah air.

“Jadi apel ini juga sebuah bentuk penghormatan kami para santri kepada para ulama’ terdahulu, dan ketaatan kita kepada kiai dengan segenap jiwa, harta, dan nyawa,” imbuhnya.

Selain itu, usai menggelar apel peringatan Hari Santri Nasional 2018, ada penampilan dari kesenian Pencak Silat Pagar Nusa serta Gasmi. Acara ini ditutup dengan formasi tulisan yang melibatkan 1000 santri dengan kata “SANTRI, NGALAH, CINTA, NKRI”. (ozi/may)