Tahun 2019, Proses Belajar Mengajar Siswa SMK 1 Dringu Dialihkan ke Wisma Atlet

1072
Wisma Atlet Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Kabar tak sedap menimpa insan olahraga di Kabupaten Probolinggo. Pasalnya, wisma atlet akan dialih-fungsikan sebagai gedung, sarana belajar siswa SMK 1 Dringu pada tahun 2019 nanti.

Ancangan itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo, Dewi Korina. Sebab, eks gedung Pemkab di Dringu yang selama ini dijadikan ruang belajar-mengajar akan gunakan sebagai Mall Perijinan. Sehingga, Pemkab Probolinggo memutuskan akan memindah lokasi belajar mengajar SMK 1 Dringu ke wisma atlet yang menempati Eks Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kabupaten Probolinggo di Komplek Perkantoran Diklat.

Sedangkan wisma atlet akan direlokasi ke eks kantor Dispenda Kabupaten Probolinggo jalan Suroyo Kota Probolinggo. “Itu tim ya, saya sendiri tidak langsung eksekusi. Ada tim ya, ada Bappeda, bukan keputusan saya selaku kepala dinas. Tetapi keputusan bersama tim kabupaten yang diketuai oleh Bapak Sekda, setelah melakukan serangkaian kajian,” ujarnya, Rabu (14/11/2018).

Dewi mengaku, SMK Dringu sebenarnya sudah bukan kewenangan daerah, melainkan Provinsi Jawa Timur. Namun, pada awal pendiriannya, Pemkab berjanji memfasilitasi ruang belajar-mengajar selama SMK 1 Dringu belum punya gedung permanen. Sehingga komitmen itu tetap dipegang oleh Pemkab, karena hingga saat ini SMK 1 Dringu belum mempunyai gedung baru.

“MoU Bupati dengan Kepala SMK masih ada waktunya. Maka kewajiban pemerintah untuk memfasilitasi tempat lain tetapi tidak permanen, sampai SMK memiliki gedung baru karena SMK sudah kewenangan provinsi,” kata mantan kepala Bappeda ini.

Wisma Atlet ini sejak September 2017 lalu , dijadikan Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda). Memiliki fasilitas berupa kamar pelatih dan atlet, dengan daya tampung sekitar 80 orang. Ada juga ruang kebugaran untuk atlet, sarana lapangan voly, taekwondow, tinju, sepak takraw, sepakbola dan atletik.

“Semua sarana dan prasarana yang ada di wisma atlet dan Puslatda ini sudah lengkap walaupun masih belum maksimal. Dengan kata lain sudah layak sebagai tempat pemusatan latihan atlet cabang olahraga (cabor) yang akan mengikuti turnamen dan kejuaraan,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo M. Sidik Widjanarko. (cho/saw)