Wisma Atlet Beralih Fungsi, Disporaparbud-KONI: Kiamat

1375
Wisma Atlet Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Rencana alih fungsi wisma atlet menjadi sekolah, direspon oleh berbagai pihak. Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) dan KONI Kabupaten Probolinggo, menyebut alih fungsi itu bagaikan kiamat bagi dunia olahraga di Kabupaten Probolinggo.

“Kami sendiri cukup kaget ketika mengetahui wisma atlet akan dijadikan sebagai gedung SMK Dringu. Kami bukannya anti pendidikan, karena atlet-atlet kami juga dari pelajar. Tapi yang kami pikirkan adalah bagaimana pelaksanaan puslatda atau TC, jika wisma atlet terpisah dari fasilitas-fasilitas ya tentunya berat,” kata M. Sidik Widjanarko, Kepala Disporaparbud Kabupaten Probolinggo, Kamis (15/11/2018).

Sebab, menurut Sidik, komplek wisma atlet fasilitasnya sudah cukup memadai. Sejumlah fasilitas itu, berupa kamar pelatih dan atlet dengan daya tampung sekitar 80 orang, berikut ruang kebugaran untuk atlet, sarana lapangan voly, taekwondow, tinju, sepak takraw, sepakbola dan atletik.

“Karena itu kami bersama-sama dengan KONI menghadap ibu Bupati agar keputusan itu bisa dipertimbangkan kembali. Yakni gedung SMK dicarikan alternatif gedung lain, bukan di wisma atlet. Kami sendiri tidak tahu siapa yang mengusulkan wisma atlet dijadikan ruang belajar mengajar bagi SMK Dringu,” ungkap Sidik.

Keberatan yang sama juga diungkapkan oleh Ketua KONI Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nurfiandako. Ia mengatakan relokasi wisma atlet ke eks kantor Dispenda Kabupaten Probolinggo jalan Suroyo Kota Probolinggo, akan memberatkan Pengurus Cabor dalam pembiayaan selama Puslatda atau TC. Serta membuyarkan konsentrasi para atlet selama Puslatda menghadapi Porprov 2019 maupun kejuaraan yang akan diikuti.

“Ini ibarat kiamat bagi insan olahraga di Kabupaten Probolinggo. Sebab atlet dan ofisial akan wira-wiri karena wisma atlet dengan fasilitas latihan berada di tempat berbeda. Karena itulah, kami berharap kepada Ibu Bupati untuk mengevaluasi rencana pemindahan SMK Dringu ke wisma atlet. Hal itu demi kemajuan prestasi atlet-atlet kami di masa depan,” ujar Sugeng.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, Pemkab Probolinggo memutuskan memindah proses belajar mengajar SMK 1 Dringu. Dari tempat awal di eks gedung Pemkab ke wisma atlet yang menempati Eks Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kabupaten Probolinggo di Komplek Perkantoran Diklat Dringu. Sebab eks gedung Pemkab akan digunakan sebagai Mall Perijinan yang akan diresmikan pada akhir tahun ini. (cho/saw)