Puluhan Ribu Jamaah Padati Haul Kyai Hamid

1773
Puluhan ribu jamaah padati Haul Kyai Hamid, Sabtu (17/11/2018). (Foto : Akhmad Romadhoni)

Pasuruan (wartabromo.com) – Puluhan ribu warga dari berbagai daerah di Indonesia padati Haul KH. Abdul Hamid Kota Pasuruan. Termasuk jamaah asal Kalimantan dan Jakarta.

Berdasarkan pantauan tim wartabromo.com, para jamaah didominasi berasal dari warga pulau Madura. Namun, tak sedikit pula dari luar jawa.

Para jamaah ini berbondong-bondong menghadiri acara, berharap berkah dari Al Maghfirullah KH. Abdul Hamid.

Salah seorang jamaah dari Gili Ketapang, Kabupaten Probolinggo, Umar menuturkan, tak pernah absen menghadiri haul.

“Setiap tahun, pasti menghadiri ini (haul Kyai Hamid), kalau nggak hadir rasanya terharu (sedih, red),” tutur Umar, Sabtu (17/11/2018).

Umar mengungkapkan, Ia datang bersama 3 rombongan lainnya menggunakan perahu, dan tiba di Kota Pasuruan pada Jumat (16/11/2018). Rombongan dari Gili Ketapang ini pun rela menginap semalam di Pendopo Kabupaten yang letaknya tak jauh dari tempat acara.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, panitia telah menyediakan 3 titik penginapan bagi para jamaah yang berasal dari luar kota Pasuruan. Diantaranya Pendopo Kabupaten Pasuruan, Pendopo Kota Pasuruan dan rumah warga.

Sekedar diketahui, para jamaah yang hadir di Haul Kyai Hamid ini, datang dari berbagai daerah seluruh Indonesia, menggunakan berbagai macam alat transportasi. Diantaranya, bus, mobil elf, kendaraan pribadi, hinga perahu. (trl/may)