933 Km Tol Merak – Pasuruan Sudah Tersambung

1824

Pasuruan (wartabromo.com) – Daerah Merak, Banten hingga Grati, Pasuruan akhirnya tersambung dengan tol sepanjang 933 kilometer (Km). Jalan bebas hambatan ini sudah bisa digunakan pada liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa sepanjang 1.150 km dari Merak hingga Banyuwangi, kini sudah tersambung 933 km dari Merak ke Pasuruan. Sepanjang 616 km di antaranya dibangun pada 2015-2018,” cuit Joko Widodo, Presiden RI melalui akun twitternya.

Sedikitnya, sudah ada 7 ruas tol yang diresmikan Kamis (20/12/2018) kemarin. Ruas tol itu diantaranya, empat ruas tol di Jawa Timur, termasuk Wilangan-Kertosono, Ngawi-Kertosono, Gempol-Porong, dan Pasuruan-Grati. Sementara di Jawa Tengah, ruas tol yang akan diresmikan itu masing-masing seksi Pemalang-Batang, Batang-Semarang, Salatiga-Kertasuro.

Baca Juga :   Innalillahi, Camat Pohjentrek Tutup Usia

“Ruas selebihnya, Pasuruan-Banyuwangi 217 km akan tuntas pada tahun 2021,” tambahnya.

Sementara itu diketahui, pasca peresmian, tariff tol Trans Jawa dari ujung ke ujung atau, dari Merak ke Pasuruan terhitung sebesar Rp 575 ribu. Hal ini masih bersifat sementara, karena beberapa ruas yang diresmikan itu digratiskan sampai akhir tahun ini. Tarif ruas tol masih akan dilakukan perhitungannya pada awal tahun 2019.

Meski begitu, jalur tersebut sudah bisa digunakan mulai hari ini. Terlebih, untuk melancarkan arus lalu lintas selama libur panjang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019. (may/ono)