Kantor Kemenag Probolinggo Pindah ke Kraksaan Pada 2020

0
601
Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo.

Probolinggo (wartabromo.com) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Probolinggo direncanakan dipindah ke Kraksaan. Perpindahan sedianya dilaksanakan pada 2020 nanti.

Perpindahan kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo dinilai sangat penting. Sebab, lokasinya yang berada di jalan KH. Hasan Genggong 235 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, dianggap kurang memadai. Jika ada kegiatan yang mendatangkan jumlah massa banyak, dipastikan akan terjadi kemacetan.

Selain itu, hampir semua kantor perwakilan pemerintah pusat juga banyak yang pindah ke Kraksaan. Sebagai konseksuensi menjadi pusat Pemerintahan Kabupaten Probolinggo, di Kraksaan sudah ada kantor Pengadilan Negeri, Pengadilan Agama, Kejaksaan Negeri, Polres Probolinggo dan perbankan.

“Sudah kami usulkan ke Kanwil dan pusat pada tahun lalu. Kami masih menunggu, sehingga untuk tahun ini belum bisa dipastikan, InsyaAllah di tahun selanjutnya (2020, red),” kata Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Santoso, Selasa (8/1/2019).

Santoso mengaku sudah berkomunikasi dengan Pemkab Probolinggo terkait rencana pemindahan kantornya. Dari komunikasi awal itu, Pemkab bahkan menyanggupi untuk menyediakan lahan yang akan ditempati nanti.

“Sudah ada komunikasi, bahkan sangat didukung oleh ibu Bupati dengan menyiapkan lahannya. Namun, kami belum mengetahui lokasi pastinya. Karena ada beberapa alternatif yang sediakan, salah satunya tanah disamping KUA Kraksaan,” tambah pria asal Jember ini.

Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari mendukung, karena kantor Kemenag hingga saat ini masih berada di wilayah Kota Probolinggo. Sehingga upaya ini akan memberikan banyak manfaat. “Jika dipindahkan ke Kraksaan, tentu juga akan mempermudah dan memercepat koordinasi dengan pemkab. Karena, sudah ada di satu wilayah,” kata Tantri. (cho/saw)