Barakuda dan Ratusan Personel Jaga Ketat Sertijab Walikota Probolinggo

1227

Probolinggo (wartabromo.com) – Ratusan personel petugas gabungan dan barakuda dikerahkan, mengamankan gelaran serah-terima jabatan (sertijab) Wali Kota Probolinggo, Rabu (6/2/2019). Langkah tersebut ditempuh, guna mengantisipasi potensi kerawanan yang mungkin terjadi.

Hari ini, mantan Wali Kota Probolinggo periode 2014 – 2019. Rukmini akan menyerahkan tampuk pimpinan ke Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan wakilnya, M. Soufis Subri. Selain sertijab, Wali Kota Probolinggo juga akan menyampaikan visi-misinya dalam memimpin Kota Probolinggo selama masa jabatan periode 2019 – 2024.

Pada acara yang direncanakan dilaksanakan di gedung Bina Harga jalan DI. Panjaitan, pada pukul 09.00 WIB itu, setidaknya ada 550 personel terlibat dalam pengamanan ini. Jumlah tersebut, terdiri dari personel Polres Probolinggo Kota, Brimob Polda Jatim, Satpol PP Kota-Kabupaten Probolinggo, serta Kodim 0820 Probolinggo.

“Pengamanan kami bagi menjadi tiga lapis. Mulai dari ring 1 di areal gedung, sekitar gedung dan lalu lintas,” kata Kabag ops Polres Probolinggo Kota, Kompol Bunari.

Untuk ring 1, polisi menyiapkan 1 unit barakuda beserta puluhan personil dari Brimob. Tim pengamanan juga ditempatkan di gerbang penerima tamu. Lengkap dengan metal detector. Barang bawaan pengunjung, seperti korek api, diamankan petugas. Serta barang mencurigakan lainnya. Sebagai pendukung pengamanan, juga dikerahkan unit K9 Polresta Probolinggo.

Jumlah tersebut, merupakan pengamanan dengan sistem terbuka maupun tertutup. Untuk di areal ring 1, pengamanan dipercayakan pada personel dengan pola tertutup. “Kami berharap, pelaksanaan sertijab Walikota Probolinggo ini bisa berjalan lancar, aman dan kondusif,” tandasnya.

Sekitar 1.000 undangan dijadwalkan menghadiri sertijab yang akam dipimpin oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo. Habib Hadi Zainal Abidin merupakan tokoh dari etnis Arab yang menjadi Wali Kota Probolinggo. (lai/saw)