333 Penari Terbang Bandung, Iringi Kirab Pataka Hari Jadi Kota Pasuruan

0
1408
Raharto Teno Prasetyo beserta istri sedang menaiki kereta kencana, kirab Pataka Hari Jadi Kota Pasuruan ke 333. (Foto : Zaki)

Pasuruan (wartabromo.com) – Prosesi hari jadi Kota Pasuruan ke-333 digelar hari ini, Jumat (8/2/2019). Sebanyak 333 penari Terbang Bandung Kota Pasuruan iringi kirab Pataka ini.

Tarian Terbang Bandung Kota Pasuruan mengawali iring-iringan peserta kirab yang berangkat dari lingkungan pekantoran Pemkot Pasuruan, di Jalan Pahlawan. Sebanyak 333 siswa SD dan SMP se-Kota Pasuruan kompak menghentakkan badan sesuai dengan alunan lagu.

“333 siswa, melambangkan hari jadi Kota Pasuruan ke 333 untuk tahun ini,” ujar pemandu acara.

333 Penari Terbang Bandung.

Marching band menyusul dibelakang Tarian Terbang Bandung. Kemudian, barulah prajurit yang mengawal Pangeran pembawa Pataka. Setelah itu, barulah barisan Wakil Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo dengan gagahnya menaiki kereta kencana yang ditarik kuda dan dihias bunga-bunga. Di belakangnya, ada kereta kencana yang ditumpangi Ketua DPRD Kota Pasuruan dan seluruh kepala OPD.

Rombongan kirab ini pun akhirnya tiba di GOR Untung Suropati pukul 15.00 WIB. Sesaat kemudian, pataka atau sebuah surat perintah untuk Untung Suropati yang dijadikan tonggak sejarah berdirinya Kota Pasuruan dibawa ke atas panggung.

“Dalam kesempatan Kirab Pataka ini, diharapkan masyarakat dapat lebih mengetahui sejarah berdirinya Kota Pasuruan sekaligus membangun animo positif untuk menarik wisatawan,” ungkap Teno dalam sambutannya.

Acara kirab hari jadi Kota Pasuruan tahun 2019 ini diakhiri dengan penyerahan Pataka oleh Wawali kepada Ketua DPRD Kota Pasuruan, untuk dibacakan di depan seluruh masyarakat yang hadir di GOR Untung Suropati.

Sekedar informasi, sebanyak 48 kepala daerah Kota dan Kabupaten di seluruh Indonesia juga terlihat datang untuk memeriahkan hari jadi Kota Pasuruan. Tak ketinggalan, ribuan warga juga menyemut, di sepanjang jalan tempat kirab budaya ini. (ptr/**)

 

 

(ptr/may)