Jelang Supermoon, Nelayan Probolinggo Enggan Melaut Hingga Pengaruhi Stok Ikan

0
905

Probolinggo (wartabromo.com) – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi Supermoon terjadi pada 19 Februari 2018 mendatang. Meski masih 3 hari lagi, nyatanya membuat nelayan di Kecamatan Paiton enggan melaut, hingga stok ikan dan harga melambung.

Puluhan pedagang ikan di pantai Matekan, Desa Sumberanyar, Kecamatan Paiton, terpaksa kecewa. Sebab, kapal nelayan yang biasa bersandar di pelabuhan hanya membawa sedikit ikan hasil melaut.

Padahal mereka sudah menunggu kedatangan para nelayan di tempat pelelangan ikan (TPI) itu sejak pagi buta. Mereka hanya mendapatkan ikan dengan jumlah yang sedikit untuk dijual ke pasar tradisional.

Selain minim hasil tangkapan, harga jualnya pun naik pada kisaran Rp3.000 hingga Rp5.000 per kilogram. Misalnya ikan tongkol, yang biasanya dihargai Rp20 ribu menjadi Rp25 ribu per kilogram. Ikan Nus atau Sotong dari Rp20 ribu menjadi Rp23 ribu.

Menurut Indra, nelayan, minimnya hasil tangkapan itu dikarenakan cuaca buruk di selat Madura. Dalam 2 minggu terakhir, tangkapan nelayan sepi. “Sepi, hampir dua mingguan. Sehingga nelayan merugi,” ujarnya.

Pengakuan Indra dibenarkan oleh Subhan, nelayan lainnya. Saat ini, hasil tangkapan nelayan berkisar 5 hingga 7 kuintal saja. Padahal pada cuaca normal, nelayan bisa mendapatkan tangkapan hingga 5 ton, sekali melaut.

Dengan hasil tangkap yang minim, menurutnya hanya cukup untuk menutup biaya melaut.

Nah, Supermoon, membuatnya kian yakin melayan akan semakin enggan melaut. Karena nelayan dipastikan akan mengalami kesulitan di tengah laut.

“Kalau cuaca buruk ya tawur jaring itu. Hasil tangkapannya tidak bisa banyak. Paling dapatnya itu ya cuma lima kuintal, mestinya kalau banyak itu bisa lima ton. Kalau sekarang ya hanya cukup untuk ongkos melaut saja'” terang Subhan.

Berdasarkan rilis dari BMKG, Supermoon akan terjadi pada 19 Februari. Supermoon muncul sekitar 10 persen lebih besar dari biasanya. BMKG juga memperingatkan masyarakat mewaspadainya. Sebab Supermoon bisa menyebabkan air laut menjadi pasang di perairan Indonesia. (cho/saw)