Sempat Memutus Jalur, Longsor di Tosari Telah Dibersihkan

419
Bondong-bondong warga Kecamatan Tosari bergerak melakukan kerja bakti membersihkan material longsor yang menutup jalur ke Wonokitri, Selasa (19/2/2019). (Foto: istimewa)

Tosari (wartabromo.com) – Tanah longsor membuat jalan raya di wilayah Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, tertutup. Namun demikian, jalanan dipastikan sudah bisa dilalui, setelah material longsor dibersihkan.

Dari laporan Tim Reaksi Cepat (TRC) Tosari pada BPBD Kabupaten Pasuruan, peristiwa longsoran terjadi di dua titik sekaligus, di ruas jalan Tosari ke Wonokitri pada Senin, 18 Februari pukul 17.45 WIB.

“Kemarin Maghrib. Waktu itu hujan terus ada longsor di jalur Banyupetung Wonokitri,” terang Bakti Jati Permana, Kapala BPBD Kabupaten Pasuruan, Selasa (19/2/2019).

Dari keterangan, pada titik pertama, diketahui ketinggian longsoran sepanjang 7 meter dengan lebar 3 meter dan ketebalan 1 meter. Sedangkan di titik kedua, longsor dengan ketinggian 10 meter dengan ketebalan 2 meter berikut lebar 7 meter.

Material longsoran menutup seluruh jalan, sehingga mengakibatkan kendaraan roda empat maupun roda dua tidak dapat melintas.

Warga Kecamatan Tosari lakukan kerja bakti,.di dua titik longsoran tebing yang memutus jalur ke Wonokitri, Senin (18/2/2019) malam. (Foto: istimewa)

Namun demikian, upaya pembersihan kemudian dilakukan, mulai mengerahkan warga bergotong royong selain juga menyiapkan alat berat.

“Malam hari, warga juga kerja bakti,” kata Bakti.

Sejak pagi hingga siang, pembersihan berlanjut. Pihak BPBD kemudian memastikan jalur Wonokitri-Tosari sudah terbuka dan aman dilalui.

Berkenaan dengan bencana longsor ini, Bakti juga menyebutkan tak terdapat korban, meski sempat memutuskan jalur di wilayah Kecamatan Tosari ini. (ono/ono)