Ribuan Kakap Putih Ditebar di Pantai Bentar

1337

Probolinggo (wartabromo.com) – Ribuan bibit kakap putih dilepas-liarkan di perairan Pantai Bentar, Desa Curah Sawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Kamis (28/2/2019). Penebaran ini diharapkan mampu meningkatkan populasi ikan kakap putih di perairan Selat Madura ini.

Penebaran bibit kakap putih tersebut dilakukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia. Sebanyak 15.000 benih ikan dilepaskan secara simbolik oleh Direktur Jenderal Perikanan Budidaya, Slamet Soebjakto; Wakil Bupati Probolinggo HA. Timbul Prihanjoko; anggota komisi XI DPR RI Mukhamad Misbakhun, anggota IV BPK RI Rizal Djalil.

“KKP terus mendorong peningkatan kesejahteran pelaku utama perikanan. Jadi, kami akan pastikan bahwa program ini bisa memberikan dampak positif bagi perbaikan struktur ekonomi masyarakat dan tentunya perekonomian daerah,” terang Slamet.

Selain menebar benih ikan, juga memberikan berbagai program dan bantuan langsung bagi pelaku utama perikanan. Baik kepada pembudidaya ikan, nelayan, pengolah dan petambak garam. Total dukungan KKP tersebut diperkirakan hingga mencapai lebih kurang Rp 14,05 milyar. Masing-masing terdiri dari input produksi, sarana perikanan dan fasilitasi pembiayaan.

“Juga perlindungan pelaku utama melalui asuransi dan sertifikasi hak atas tanah, pengembangan SDM anak pelaku utama perikanan dan bentuk lainnya. Kinerja positif tersebut tidak terlepas dari berbagai program Kementerian Kelautan dan Perikanan yang secara langsung fokus dalam menciptakan efisiensi produksi dan nilai tambah,” kata Slamet.

Wakil Bupati Probolinggo, Ahmad Timbul Prihanjoko, berharap dukungan ini akan memberikan efek percepatan terhadap pembangunan di Probolinggo.

“Kami atas nama masyarakat Probolinggo mengucapkan terima kasih. Saya berharap kunjungan bapak bapak semua bisa rutin dilakukan, tentunya dengan membawa program program bagi masyarakat,” ujarnya.

Anggota komisi XI, Mukhamad Misbakhun, mengatakan menyambut baik apa yang sudah dilakukan KKP. Khususnya yang berkaitan dengan program-program pro rakyat.

“Sudah saatnya sektor kelautan dan perikanan ini, memberikan manfaat sebesar besarnya untuk kesejahteraan masyarakat. Saya sangat mengapresiasi upaya upaya Pemerintah. Saya berharap dukungan ini bisa dimanfaatkan sebaik baiknya,” tuturnya. (saw/saw)