APK Ditempeli Caleg Lain Partai, Caleg Nasdem Lapor Bawaslu

837

Probolinggo (wartabromo.com) – Tri Buono Juniar Laksono, seorang calon legislatif (Caleg) di Kota Probolinggo melaporkan caleg dari partai lain ke Bawaslu setempat, Sabtu (9/3/2019). Pasalnya, alat peraga kampanye (APK) miliknya ditempeli stiker caleg lainnya.

Tri Buono Juniar Laksono (25), caleg dari partai Nasdem mengadukan pengerusakan alat peraga kampanye miliknya pada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Probolinggo. Pasalnya, APK yang menampilkan citra dirinya ditempeli stiker As’ad Anshori dari Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP). Laporan itu, diwakili oleh Agus Widoyoko dan Ifi Manantiasih, orang tua Tri Buono.

Dimana APK yang dipasang di wilayah Kelurahan Kedung Asem, Kecamatan Wonoasih, ditutup stiker As’ad. Tepatnya pada area wajah. Ada 2 stiker yang dipasang pada gambar wajah hingga leher. Kedua caleg ini, sama-sama maju sebagai caleg DRPD Kota Probolinggo di daerah pemilihan (Dapil) yang sama, yakni Dapil 1 Wonoasih – Kanigaran.

“Kami datang dan melapor pengerusakan banner anak kami yang merupakan caleg dapil 1 dari Nasdem. Dimana telah ditempeli beberapa stiker tepat diwajahnya sehingga menutupi gambar banner tersebut. Kami mengharap supaya pihak As’ad mau bertanggung jawab atas pengerusakan tersebut,” ujar Agus Widoyoko.

Terkait laporan itu, As’ad Anshori mengaku dirinya tidak tahu adanya stiker yang menempel di gambar wajah caleg Nasdem tersebut. Ia juga mengaku tidak mengetahui siapa yang menempelkannya. Meski begitu, secara elegan, As’ad siap bertanggung-jawab terhadap pengrusakan tersebut.

“Karena itu stiker saya, maka saya tetap menerima dan akan menggantinya dengan yang baru,” ungkap As’ad.

Di lain pihak, Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Azam Fikri, membenarkan adanya laporan tersebut. Sehingga pihaknya kemudian mempertemukan kedua belah pihak untuk menyelesaikan masalahnya.

“Kami sudah bermusyawarah dengan yang bersangkutan dan pihak terlapor bersedia untuk mengganti banner yang telah rusak tersebut,” terangnya. (fng/saw)