Lumajang Diguyur Hujan Abu Vulkanik Bromo

1040
https://www.wartabromo.com/2019/03/23/lumajang-diguyur-hujan-abu-vulkanik-bromo/

Lumajang (wartabromo.com) – Sebagian wilayah di Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang diguyur hujan abu, Sabtu (23/3/2019). Lontaran abu vulkanik ini berasal dari erupsi Gunung Bromo.

Berdasarkan pantauan wartabromo, hujan abu tipis turun pada Sabtu pagi. Imam Wahyudi, salah seorang warga Desa Kandang Tepus, mengaku merasakan guyuran abu bromo saat keluar rumah.

“Tadi sekitar jam 8.00 pagi keluar, lah kok hujan abu. Dari Bromo sepertinya, sudah mulai turun kesini. Kemarin hanya di Argosari,” ujarnya.

Hujan abu ini sudah tak dirasakan kembali, setelah hujan mengguyur sekitar pukul 10.30 WIB. Selain di Desa Kandang Tepus, Desa lain diantaranya Desa Argosari terlebih dahulu merasakan hujan abu dampak erupsi Gunung Bromo, sejak Rabu (20/3/2019) lalu.

“Penyebab erupsi abu vulkanik yang dirasakan warga Argosari B29 diduga karena arah angin yang mengarah ke selatan tepat ke wilayah Argosari B29,” tulis akun BPBD Lumajang.

Khusus di wilayah wisata puncak B29, hujan abu dirasakan cukup deras. Hal ini karena wisata tersebut sangat berdekatan dengan Gunung Bromo.

“Dihimbau untuk para wisatawan tidak berkunjung ke kawasan wisata puncak B29 selama erupsi Gunung Bromo terjadi,” tutupnya. (may/ono)