Puluhan Rumah di Wonomerto Rusak Dihajar Angin

765

Probolinggo (wartabromo.com) – Angin kencang menghajar empat desa di Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, Sabtu (23/3/2019). Puluhan rumah dan bangunan lain rusak.

Empat desa terdampak angin tersebut, yakni Desa Pohsangit Lor (25 rumah dan satu masjid), Pohsangit Tengah (4 rumah), Pohsangit Ngisor (1 kandang ayam), dan Kareng Kidul (15 rumah).

Seorang warga, Sahar Rasidi (55) mengatakan, angin tersebut dari arah timur, sekitar pukul 12.30 WIB. Melihat angin besar ia keluar dari rumahnya. Diperkirakan, sekitar 5 menit angin tersebut memporak porandakan 4 desa.

“Dari timur saya mendengar suara berderu, setelah saya keluar ternyata pohon pisang di sebelah roboh semua, ternyata angin kencang. Sekitar 5 menit angin kencang itu terjadi, setelah angin itu berhenti saya masuk ke rumah ternyata atap rumah sudah porak poranda,” katanya.

Menurut Kepala Desa Kareng Kidul, sekitar 15 rumah terdampak di wilayahnya, yang mengalami rusak berat ada sekitar 3 rumah, tersebar di Dusun Wangkal RT 5 RW 4 Desa Kareng Kidul.

“Kami masih berkoordinasi dengan pemerintah terkait bantuan untuk bencana ini, karena dana APBD tahun 2019 sudah tersusun semua, jadi untuk bantuan terkait bencana alam ini kami masih mau konsultasikan dengan Camad,” tukasnya.

Ramiadi, Camat Wonomerto mengatakan, untuk saat ini belum bisa menaksir kerugian yang diakibatkan oleh angin kencang ini. Pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Pemerintah daerah.

“Kami akan usahakan paling tidak ada bantuan dari Pemerintah daerah, untuk saat ini masih belum diketahui kerugian akibat bencana alam ini,” katanya. (fng/ono)