BPBD Pasuruan Sebut Abu Bromo Tak Ganggu Aktivitas Warga

371
Abdul Ghoni, Camat Tosari menunjukkan abu vulkanik Bromo di kantornya, Kamis (28/3/2019). (Foto: Abdul Ghoni, Camat Tosari untuk WartaBromo)

Tosari (wartabromo.com) – Abu vulkanik Gunung Bromo meluas ke Desa Tosari dan Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memastikan warga masih aman dari dampak erupsi Bromo kali ini.

Bakti Jati Permana, Kepala BPBD Kabupaten Pasuruan menuturkan, saat ini arah angin beberapa waktu terakhir, mengarah ke wilayah Tosari dan Wonokitri.

“Kita membagikan masker, terutama anak sekolah dan pekerja di luar ruangan” ujar Bakti, Kamis (28/3/2019).

Dijelaskan kemudian, selain pembagian masker oleh BPBD, Dinas Kesehatan dan Puskesmas juga telah berkeliling memeriksa warga. Dipastikan tidak ada warga yang mengalami gangguan kesehatan, terutama gangguan pernapasan.

kondisi ini dinilai masih belum memberikan dampak serius. Aktivitas warga terbilang juga masih normal, seperti hari-hari sebelum abu mengguyur wilayah Tosari.

Selain memantau kemungkinan gangguan kesehatan para warga, ketersediaan sumber air bersih juga tak luput menjadi perhatian.

Berdasarkan pantauan, sumber air bersih di kedua wilayah yang terpapar abu vulkanik Bromo masih tercukupi. Kondisi tanaman dilaporkan juga belum mengalami kerusakan.

“Kita juga menyediakan posko di Kecamatan Tosari, yang dulunya hanya untuk banjir dan longsor, sekarang juga buat erupsi Bromo,” pungkasnya.

Sekedar diketahui, abu cukup parah sedang melanda di Desa Wonokitri dan Desa Tosari. Ketebalan abu vulkanik di kedua wilayah ini sekitar 1 mm. (bel/ono)