Sampul Pengganti Tiba, KPU Segera Distribusikan Surat Suara

0
425

Probolinggo (wartabromo.com) – H-4 pendistribusian surat suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo mendapatkan pengganti sampul surat suara yang rusak. Nantinya setelah dikemas, surat suara tersebut segera didistribusikan ke sejumlah wilayah.

Komisioner KPU Kabupaten Probolinggo, Agus Hariyanto Adinata mengatakan, sampul pengganti sudah diterima oleh KPU di gudang penyimpanan surat suara pada Sabtu (13/4/2019) pagi. Sampul pengganti itu kemudian langsung digunakan untuk mengganti sampul yang rusak.

“Selanjutnya untuk saat ini, akan langsung dilakukan penggantian sampul dan penyegelan seluruh surat suara,” ujarnya.

Agus menjelaskan dengan datangnya sampul pengganti ini, semua logistik untuk pemilu 2019 sudah siap distribusikan. Rencananya distribusi logistik ke seluruh TPS akan dilaksanakan pada 14 sampai 15 April nanti. Terlebih lagi untuk pergantian sampul juga sebagai antisipasi cuaca.

“Pasca packing dan penyegelan semuanya, kami akan langsung mendistribusikan seluruh TPS. 15 April seluruh surat suara sudah sampai,” jelas komisioner Divisi Teknis ini.

Sebagaimana diwartakan sebelumnya, KPU Kabupaten Probolinggo menemukan ada sekitar 50 persen sampul surat suara pada pemilu 2019 rusak. Sampul ini, tidak layak pakai karena kualitas sampul surat suara sangat tipis dan rawan sobek.

Pada Pemilu 2019 ini, ada 884.636 Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Probolinggo. Untuk semua jenjang pemilihan, KPU menyiapkan 4.519.000 lembar surat suara. Serta kotak suara sebanyak 17.520 ribu. Surat suara dan kotak suara itu, akan didistribusikan oleh KPU ke 3.504 TPS di 24 Kecamatan se Kabupaten Probolinggo. (cho/saw)