Ingatkan ASN Netral, Irsyad: Hati-hati Tangan dan Jari

1802

Pasuruan (Wartabromo.com) – Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf mewanti-wanti pada Aparatur Sipil Negara (ASN) bersikap netral jelang Pemilu. Ia pun meminta ASN berhati-hati saat menggerakkan tangan dan jari.

Hal tersebut disampaikan Irsyad sesaat setelah memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Forkopimda Kabupaten Pasuruan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, di Gedung Serbaguna, Senin (15/04/2019) siang.

“ASN harus netral. Gak boleh berpihak kepada siapapun dan partai apapun,” katanya.

Bukan hanya itu, setiap gerakan tubuh menurut Irsyad juga harus diperhatikan. Jangan sampai gestur tubuh berkaitan dengan salah satu paslon.

“Saya hanya mengingatkan pada seluruh ASN dalam konteks menghadapi Pemilu yang sudah kurang dua hari ini, tunjukkan netralitas ASN. Di mana Anda bertugas resmi untuk netral. Hati-hati, tangan, jari, gerakan, ucapan-ucapan karena posisi ASN adalah netral,” imbuhnya.

Baca Juga :   Video : Curahan Hati Warga di Dekat Lokasi TPA Kenep Beji

Irsyad pun menjelaskan posisinya yang bukan merupakan ASN. Irsyad sebagai kepala daerah diusung oleh partai politik (parpol), sehingga berhak melakukan cuti kampanye sesuai Undang-undah.

“Kalau saya bukanlah PNS, melainkan kepala daerah yang juga sebagai kader partai politik. Sehingga, tidak masalah jika berpihak kepada salah satu calon. Akan tetapi kalau ASN atau PNS itu berbeda, jadi harus netral,” tandasnya.

Meski harus bersikap netral, para pegawai negeri sipil ini tetap harus menggunakan hak pilihnya. Apalagi pada saat pemilu nanti ditetapkan sebagai hari libur.
Namun Irsyad juga mengingatkan ASN tidak memanfaatkan hari Kamis (18/04/2019) untuk bolos kerja.

“Kalau boleh saya bilang hukumnya wajib bagi ASN untuk mencoblos. ASN harus memanfaatkan hak politiknya untuk memilih pemimpin negeri ini maupun wakil-wakil kita di Pileg (pemilihan anggota legislative) 2019. Karena ini adalah kewajiban sebagai warga Negara dan ungkapan terima kasih kepada Negara,” tegasnya.

Baca Juga :   Takut Kena Black List, Bupati Probolinggo Ngotot Lanjutkan Proyek SPAM

“Saya akan memantau presensi dan absensi pegawai. Siapa yang mengambil cuti pada hari itu. Siapa saja yang bolos atau mau ijin, saya akan awasi melalui BKPPD,” tutup Irsyad. (mil/may)