Terkena Hujan, Kotak Suara di Lumajang Rusak

0
3573
Kotak suara rusak di Lumajang. (Foto : Istimewa)

Lumajang (wartabromo.com) – Logistik untuk Pemilu 2019 di dua kecamatan di Kabupaten Lumajang rusak. Hujan yang mengguyur di 2 wilayah tersebut membuat air merembet ke kotak suara Pemilu saat didistribusikan.

Siti Mudawiyah, Ketua KPU Lumajang mengatakan, mulanya distribusi logistik Pemilu dipending karena hujan deras. Namun tidak semua wilayah, hanya Kecamatan Padang dan Klakah.

“Saat hujan reda, baru kita berangkatkan. Tapi kita tidak menyadari jika di tengah jalan hujan deras lagi. Dari situ yang tidak kita prediksi. Karena truk terus jalan mengirim logistik. Saat tiba di Kecamatan Klakah dan ketika diturunkan ternyata rusak terkena rembesan air,” kata Ketua KPU Lumajang Siti Mudawiyah seperti dinukil dari detikcom.

Logistik pemilu yang mengalami kerusakan diantaranya kotak suara DPRD Kabupaten, DPRD Provinsi, DPR RI dan kotak suara untuk pilihan presiden dan wakil presiden. Selain itu surat suara untuk DPRD kabupaten, DPR RI dan DPD serta formulir C-1 juga mengalami kerusakan.

Padahal, kotak suara tersebut sudah dibungkus dengan plastic supaya terhindar dari hujan. Namun ternyata air sudah terlanjut masuk dan merusak pada bagian sisi-nya.

Setidaknya dari 90 kotak suara yang terkena hujan, 50 diantaranya rusak dan harus diganti. Sementara surat suara yang tusak mencapai lebih dari 100 surat. KPU pun segera melakukan pergantian total terkait insiden ini. Pergantian surat dan kotak suara yang rusak ini diambil dari kelebihan 2 % logistic pemilu di KPU Lumajang.

KPU Kabupaten Lumajang langsung melakukan evaluasi terkait peristiwa ini. Diantaranya penyebab logistik rusak karena faktor alam atau faktor lainnya.(may/ono)