Pengemudi Ngantuk, Bus Pariwisata Tabrak Pagar Pengaman Tol Gempas

1338

Pasuruan (wartabromo.com) – Sebuah bus pariwisata yang tengah melaju di tol Gempol-Pasuruan terlibat kecelakaan tunggal, Sabtu (20/4/2019). Sang pengemudi diduga mengantuk hingga menabrak guardrail (pagar pengaman) tol.

Iptu Jayadi, Kanit Laka Lantas Polres Pasuruan Kota mengungkapkan, kecelakaan tunggal tersebut bermula ketika bus melaju dari arah Timur (Probrolinggo) menuju ke arah Barat (Surabaya). Bus disebutnya melaju tak cukup kencang, hanya dengan kecepatan 60 KM/Jam.

“Saat tiba di KM 792 jalur B, Bus mendadak oleng kemudian menabrak Guardrail yang tersambung dengan pembatas beton. Sopir mengantuk,” ungkap Iptu Jayadi saat dikonfirmasi WartaBromo.

Sang pengemudi bus bernopol H-1625-BY yang diketahui bernama Fendik S. itu mengalami kelelahan fisik sehingga kehilangan konsentrasi. Fendik pun mengaku tak sadar saat badan bus tiba-tiba oleng ke kiri hingga menabrak guardrail tol Gempas.

Berdasarkan pemeriksaan di tempat kejadian, saat berlangsungnya peristiwa kecelakaan tunggal tersebut, cuaca dalam keadaan mendung berkabut tipis, ditambah penerangan jalan yang minim. Untungnya, situasi lalu lintas saat itu dalam keadaan sepi.

Akibat kejadian tersebut, bodi depan bus dan samping penyok selain juga ban pecah.

Sejumlah penumpang pun langsung dievakuasi. Sang pengemudi mengalami cedera di bagian pinggang dan sesak nafas.  Seorang penumpang mengalami cedera di bagian kepala.

Sementara 28 penumpang bus pariwisata lainnya diketahui selamat dan langsung dievakuasi menuju Pos PJR Rembang untuk menunggu kendaraan pengganti. (ptr/ono)